Performa Nissan Baru All New Serena

All New Serena
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi

VIVAnews – Persaingan mobil di segmen multi purpose vehicle (MPV) berdesain kotak di Indonesia kian memanas. Terlebih, dengan hadirnya pendatang baru di segmen yang sama, yaitu Mazda Biante dan Toyota Nav1.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Kehadiran dua pabrikan tersebut, disambut hangat Nissan, yang berencana kembali memberikan persaingan ketat dengan segera meluncurkan Serena generasi ke-4 atau disebut All New Serena pada Januari 2013.

Namun, sebelum diluncurkan Nissan Motor Indonesia (NMI), agen tunggal pemegang merek Nissan, memberikan kesempatan kepada awak media termasuk VIVAnews untuk menjajal mobil yang rencananya akan dijual antara Rp370-390 juta.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Untuk merasakannya, VIVAnews pun melakukan perjalanan yang diset layaknya sebuah perjalanan keluarga, dengan rute Jakarta-tol Jagorawi-jalur puncak Bogor-Cianjur-Bandung.

Namun, sebelum merasakan performa mobil yang memiliki kapasitas 7-8 penumpang itu, terlebih dahulu VIVAnews mencoba membeberkan satu persatu perubahan dan fasilitas apa saja yang terdapat pada mobil yang nantinya akan dirakit di Indonesia itu.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

"Silakan teman-teman wartawan, rasakan perbedaannya," jelas Vice President Director Sales and Marketing NMI, Teddy Irawan, sebelum pelepasan perjalan kepada awak media.

Eksterior

All New Serena ini akan hadir dua tipe, yaitu X dan Highway Star (HS). Untuk dimensi  sedikit berbeda antara tipe X dengan HS. Tipe X memiliki panjang 4,685 mm, sedangkan HS 4.770 mm. untuk lebar X memiliki panjang 1.695 mm sementara HS 1.735 mm.

Tampilan mobil terasa berbeda dengan Serena model lawas. Hal tersebut terlihat pada bagian bumper depan belakang, garis-garis pada bodi, krom pada grill, serta lampu belakang yang lebih tinggi pada bagian sisi kanan-kiri.

Untuk tipe HS sendiri, sedikit penambahan akses krom pada bagian fog lamp, serta bentuk dari bumper berbeda pada bagian bawah.

Selain itu, pada tipe HS juga terdapat penambahan roof spoiler, side sill spoiler, mud guard, dan exhaust tailpipe finisher.

Interior

Saat akan memasuki kabin, All New Serena menggunakan sistem pintu geser . untuk tipe X hanya satu power dengan sekali sentuh pintu akan membuka-menutup otomatis (bagian kiri), sedangkan tipe HS bisa kedua-duanya.

Sebelum mengemudi, VIVAnews berkesempatan duduk di bagian baris ketiga untuk menjadi penumpang. Meski berada di posisi belakang, ruang lapang masih dirasakan dan kursi bagian belakang ini cukup nyaman. Bahkan, saat melaju tidak terasa guncangan yang cukup parah. Sehingga jika tertidur pun masih sangat nyaman.

Penumpang belakang juga tidak perlu takut kepanasan, pasalnya AC tersedia di sisi kanan-kiri penumpang, yang terdapat pada baris kedua dan ketiga, sehingga suhu dalam mobil cukup dingin.

Saat merasakan duduk di kursi baris kedua, tersedia meja multifungsi yang dapat digeser ke depan dan belakang. Sehingga baris tengah ini hanya memiliki dua penumpang.

Namun,  jika digeser kembali ke belakang, meja yang berfungsi sebagai penyimpan kotak tisu dan beberapa barang kecil itu juga bisa berubah jadi jok. Alhasil kabin tengah juga dapat digunakan menjadi tiga penumpang.

Belum sampai di situ, tempat penyimpanan botol minum pun tersedia cukup banyak yaitu 7 tempat, sementara untuk tipe HS terdapat 4 tempat tambahan yang dapat diletakan di belakang jok bagian depan.

Di bagian depan tepatnya pada dashboard, terdapat sebuah audio-visual layar sentuh 6 inci yang berfungsi sebagai MP3, CD, dan DVD, serta sebuah koneksi USB  yang terpasang di bagian laci depan.

Selain itu, sebuah layar LCD yang terpasang di bagian atap tengah juga ada, hal tersebut berfungsi agar para penumpang pada bagian belakang dapat merasakan sebuah hiburan.

Yang berbeda dengan tipe lawas, All New Serena kali ini dilengkapi mode sport dan Eco.

Jika dirasakan secara keseluruhan bagian interior, kabin seperti kurang kedap suara. Sewaktu hujan tiba, mobil di luar yang berlalu lalang dan suara mesin yang menderu keras saat ditancapkan pedal gas, hasilnya suara sangat terdengar.

Akselerasi

All New Serena ini disokong mesin tipe MR20 1.997 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 108 kW pada 5.600 rpm, dengan torsi 206 Nm pada 4.400 rpm.

Saat berkesempatan untuk berada di balik kemudi, pedal gas pun diinjak dan mobil pun melaju. Kaca depan sangat lebar, hal itu dibuat agar pengemudi dapat leluasa melihat kondisi jalan di depan.

Stir cukup ringan bila digolongkan kelas MPV. Hanya saja saat pedal gas diinjak lagi lebih dalam, mesin kurang responsif sehingga menimbulkan suara yang cukup kencang jika dirasakan di dalam kabin. Selain itu, butuh lama untuk mencapai kecepatan yang kita inginkan.

Namun, jika masalah kecepatan tidak perlu khawatir, karena All New Serena memang bukan dibuat sebagai mobil sport atau sekelas sedan, melainkan untuk mobil keluarga yang mementingkan sebuah kenyamanan berkendara bersama keluarga.

Saat melakukan manuver, mobil ini juga cukup handal, bahkan saat menembus kemacetan jalur menanjak di jalur Puncak dan jalur-jalur kota Kembang, mobil ini masih dapat melibasnya dengan lincah.

Hanya saja, untuk masalah entertaiment, stir kontrol tidak tersedia, sehingga saat di belakang kursi supir dan ingin mengatur audio terasa cukup sulit.

Secara keseluruh, mobil keluarga ini sudah cukup mumpuni, kabin yang luas dan dapat di geser-geser memberikan keleluasan anggota keluarga untuk bergerak. Jendela yang kotak-kotak dan lebar juga membuat penumpang dapat melihat situasi dan pemandangan di luar dari dalam kabin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya