Warga Aceh Doa Bersama Kenang Korban Tsunami 2004

Tsunami di Aceh
Sumber :
  • www.jtic.org / Yuichi Nishimura, Hokkaido University

VIVAnews - Memperingati delapan tahun gempa dan tsunami Aceh, ratusan warga berkumpul di Pelabuhan Krueng Raya Aceh Besar melakukan doa bersama untuk para korban tsunami.

Peringatan tsunami Aceh kali ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat Aceh terhadap salah satu bencana paling menakutkan itu.

Selain dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah, doa bersama ini juga dihadiri perwakilan lembaga donor dan sejumlah guru dari Jepang.

Dalam sambutannya, Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyebutkan, gempa dan tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004 silam bukan pertama terjadi di Aceh.

Sebelumnya juga pernah terjadi peristiwa serupa ratusan tahun lalu. "Maka dari itu sebagai penduduk di daerah rawan bencana, rakyat Aceh harus siap menghadapi bencana," ujar Zaini, Rabu 26 Desember 2012.

Zaini berharap rakyat Aceh tidak lagi larut dalam kesedihan akibat bencana maha dahsyat yang telah menewaskan ratusan ribu orang itu. Rakyat Aceh harus bangkit, dan belajar untuk berbenah, serta terus siap menghadapi bencana.

"Peringatan gempa dan tsunami kali ini harus menjadi refleksi bagi kita untuk terus memperbaiki diri, dan tetap siaga terhadap bencana," katanya.

Selain doa bersama, juga dipamerkan berbagai foto detik-detik sebelum terjadinya tsunami. Foto-foto itu merupakan karya fotografer Aceh, Bedu Saini.

Viral di TikTok Pernikahan Low Budget, Enggak Sampai Rp3 Juta
Pelatih Persija, Thomas Doll dan Marko Simic

Thomas Doll Khawatir Cuaca Panas Jakarta Pengaruhi Persija Vs PSIS

Persija vs PSIS akan berhadapan dalam pertandingan pekan ke-34 Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa sore WIB 30 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024