Kilas 2012: Mobil Dunia Adopsi Nama Indonesia

Porsche Macan
Sumber :
  • Inautonews.com

VIVAnews - Indonesia memang belum mampu memproduksi mobil sendiri yang dijual di pasar global. Meski begitu, ada suatu kebanggaan tahun ini. Ya, nama-nama Indonesia mulai diminati para produsen mobil di Eropa dan Jepang.

Selain mudah diingat dan terdengar bagus, nama dari bahasa Indonesia dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil.

Nama dari Indonesia yang terbaru digunakan oleh produsen mobil asal Jerman, Porsche. Mereka menggunakan nama Macan untuk mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya.

Awalnya, Porsche memberikan nama baru untuk versi Cayenne "Junior" mereka, dengan nama Cajun. Namun, mereka mengganti nama itu dengan menggunakan nama dari bahasa Indonesia, Macan.

Mobil lainnya adalah Jeep Mountain. PT Garansindo Inter Global --agen pemegang merek Jeep, Chrysler, dan Dodge di Indonesia, menghadirkan Jeep Mountain edisi khusus dari keluarga Jeep Wrangler Sport yang terinspirasi pegunungan Puncak Jaya Wijaya di Papua.

Di kap mesin mobil ini tergambar siluet pegunungan Puncak Jaya Wijaya. Tak hanya itu, terdapat grafis koordinat garis lintang dan garis bujur dari pegunungan tertinggi di Indonesia itu.

Uniknya lagi, Jeep Wrangler Mountain tidak hanya dijual di Indonesia, tapi secara global. Bukan sekali ini Jeep terinspirasi Indonesia. Sebelum Mountain Jaya Wijaya, Jeep juga pernah membuat Jeep edisi khusus Bromo.

Nama mobil lainnya yang ternyata terinspirasi dari bahasa Indonesia adalah Suzuki Ertiga. Manajemen Suzuki Motor Corporation Jepang mengatakan, dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) itu dinamai rIII, yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Ertiga.

Nama Ertiga dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil tersebut. Er (huruf R) berarti Row (baris), sedangkan tiga adalah angka 3. Kalau diartikan, mobil dengan tiga baris tempat duduk. Ini sesuai dengan tagline Suzuki untuk menghadirkan mobil dengan tiga baris tempat duduk yang lapang.

Jelas suatu kehormatan, karena umumnya produk global menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang, dan lainnya. (art)

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024