2012, Tahunnya Moge di Indonesia

MV Agusta Rivale 800
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews – Sama seperti industri mobil, perekonomian Indonesia yang stabil menyedot perhatian pabrikan motor kelas dunia untuk bertarung memperebutkan pasar sepeda motor nasional.

Tak cuma motor kecil, para pabrikan motor besar yang identik milik orang kaya pun berlomba memasuki pasar nasional. Memang belakangan matik naik daun, tapi motor sport sekarang mulai menyedot perhatian konsumen Indonesia. Motor-motor besar pun kini mulai menjamur.

Catatan VIVAnews, sejak Juni hingga Desember, empat perusahan motor premium dunia yang dikenal dengan motor perawakan besar dan super mahal justru memilih Indonesia sebagai basis penjualan di kawasan Asia Tenggara.

Awal Juni 2012, pabrikan motor gede (moge) asal Negeri Paman Sam, Victory Motorcyle, melakukan ekspansi dengan membangun distributor resmi, PT Arya Motor Indonesia.

Melalui distributor resmi ini, moge yang memiliki rupa layaknya Harley-Davidson ini langsung diluncurkan dengan full line up. Total yang dihadirkan pun mencapai 16 varian, mulai dari tipe touring hingga cruiser dengan rentang harga Rp315 juta-Rp560 juta off the road.

Motor-motor itu di antaranya Cross Country Tour, Victory Vision Tour, Cross Country, Cross Road, Cross Road Classic LE, S High Ball, Vegas, Vegas Jackpot, Victory 8-Ball, 8-Ball Hammer 8-Ball dan beberapa model limited edition garapan builder dunia Ness Family.

Semua model ini dibekali mesin sama, yaitu Freedom 106 V-Twin, 1.731 cc, injeksi, yang menghasilkan tenaga 96 PS dan torsi 140 Nm, menggunakan transmisi 6-percepatan. Untuk mengurangi getaran, mesin dilengkapi counter balancer, pendingin dan anti-lock brake system (ABS).

Bahkan pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang berlangsung selama lima hari pada awal November lalu, Victory Indonesia mampu menjual mogenya sebanyak 4 unit.

Tidak mau kalah, pada akhir Juli 2012 produsen sepeda motor asal Austria, KTM juga masuk pasar motor sport Tanah Air melalui PT Motor KTM Indonesia. Meski pemain baru, MKI langsung mematok target penjualan 1.000-2.000 unit selama satu tahun. Sedangkan untuk penjualan per bulan mereka menargetkan 200 unit.

MKI yang bermarkas di Taman Tecno BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada ajang JMCS 2012 berhasil membukukan pemesanan sebanyak 20 unit.

Direktur Pemasaran KTM Indonesia John Winata beberapa waktu lalu mengatakan, respons positif masyarakat akan meningkatkan penjualan pada 2013 menjadi 2.000 unit. KTM membangun pabrik perakitan salah satu senjata utamanya, yaitu Duke 200 yang dibandrol Rp57,5 juta on the road Jakarta, di kawasan Pulogadung dengan kapasitas produksi 3.000 unit.

Untuk menambah line-up, pada awal 2013, KTM Indonesia juga akan meluncurkan motor garang untuk berpetualang, yaitu KTM Adventure 1190 dan KTM Advenure R.

Masih di tahun yang sama, kini giliran moge asal Italia MV Agusta, melalui PT Moto Arte Indonesia ikut hadir melengkapi deretan moge-moge asal negeri Pizza yang terlebih dahulu menjajak pasar otomotif nasional, seperti Ducati, Aprilia, dan Husqvarna.

Di awal peresmiannya, Agusta sendiri menghadirkan tiga varian, yakni MV Agusta F4 RR (Rp495 juta), F3 675 (Rp325 juta), dan Brutale 675 (Rp240 juta). Hebatnya, sebelum resmi diperkenalkan, ketiga varian tersebut telah ludes terjual.  

Tidak hanya itu, untuk menarik pasar moge nasional, Agusta akan membikin pabrik di kawasan Bekasi, Jawa Barat, yang akan mulai beroperasi pada 2013.

Meski dirakit di dalam negeri, CEO Agusta Indonesia Steven Oentoro menjamin kualitas produknya sama dengan moge yang dibawa langsung dari Italia. Hal itu karena setiap tahap dan standar operasional prinsipal.

Pada dasarnya, moge MV Agusta telah beredar di jalan Indonesia sudah sejak lama, hanya saja penjualannya melalui importir umum.

Sebagai penutup akhir tahun, pada awal Desember 2012, motor legendaris Inggris Triumph Motorcycles masuk ke Indonesia melalui dua distributor, yaitu PT Global Motorcycles Trading (GMT) serta PT Megahputra Sejahtera (MPS). Meski berbeda, namun intinya mereka sama-sama agen yang menjual merek Triump secara resmi.

Deretan motor Triump yang dijual di Indonesia di antaranya Bouneville T100 Rp240 juta, Thruxton Rp245 juta, Speed Triple R ABS Rp395 juta, Daytona 675 R Rp300 juta, Tiger 800 XC ABS Rp300 juta, Thunderstorm ABS Rp395 juta, Rocket III Roadster Rp445 juta, Tiger Explorer 1200 Rp425 juta, dan Street Triple R Rp265 juta. Semua line up yang ditawarkan dengan garansi resmi dua tahun unlimited. (eh)

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024