Seberapa Mahal & Canggih BMW Maut Rasyid Rajasa

Kondisi Mobil BMW dan Luxio yang bertabrakan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Polisi siap memanggil tim teknis dari BMW dan Daihatsu Luxio dalam kecelakaan maut di ruas Tol Jagorawi, Km 3+350 pada Selasa 1 Januari 2013 lalu.

Itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti kecepatan dua mobil tersebut ketika kecelakaan. Polisi sendiri telah memperlihatkan BMW B 272 HR yang dikendarai M Rasyid Amrullah Rajasa di Ditlantas Polda Metro Jaya di Pancoran, Jakarta.

Berdasarkan penelusuran VIVAnews melalui SMS 1717, mobil BMW tersebut memiliki spesifikasi Jeep, L.C, HDTP, BMW X5 X Drive 301 AT CBU, berwarna Hitam metalik tahun 2010 dengan masa STNK 27 April 2015.

Adapun tahun rakitan mobil yang terdaftar di STNK atas Siti Noor Azima Rajasa kakak Rasyid Amrullah adalah 2009. Berdasarkan data harga BMW, Seri X5 memiliki harga paling murah Rp1,128 miliar, sedangkan varian termahalnya dibanderol Rp1,438 miliar. Adapun harga seken mobil yang dikendarai putra bungsu Hatta Rajasa sekitar Rp900 juta.

Setelah selubung dibuka, mobil jenis SUV itu hanya mengalami kerusakan sedikit di bagian bumper depan sebelah kanan. Sebagian grille depan terlihat terlepas, sedangkan airbag (kantong udara) masih mengembang.

Mobil yang diimpor utuh dari Jerman itu memang dilengkapi fitur keselamatan aktif dan pasif, mulai dari Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBV), Conrnering Brake Control (CBC), Active Headrest Front, Brake Assist, Brake Force Display.

Tak cuma itu, mobil yang dibekali mesin bensin 2.996 cc dengan tenaga 258 hp di 6600 RPM dan torsi maksimal 300 Nm pada 2500 RPM ini juga dilengkapi Side Airbags and Front airbags untuk penumpang depan, serta kantong udara di bagian atas.

Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan itu bermula saat Jeep BMW B 272 HR yang dikemudikan Rasyid berjalan dari arah utara ke selatan di lajur 3. Di kilometer 3.500, pengemudi diduga mengantuk sehingga menabrak Luxio dari belakang. Sehingga pintu mobil terbuka dan para penumpang terpental ke luar.

Ada dua korban meninggal dan tiga korban luka ringan. Korban tewas adalah Harun (57 tahun), dan M Raihan (14 bulan). Sementara korban luka ringan adalah Nung (30 tahun), Moh Rifal dirawat di RS Polri. Lalu, Supriyati (30 tahun). Dia terluka di kaki kiri lecet serta lengan tangan kiri retak, kini dirawat di RS UKI.

Pihak kepolisian sendiri telag menetapkan M Rasyid Amrullah Rajasa sebagai tersangka dalam kecelakaan maut itu.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia
Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini

Pep Guardiola mendesak Real Madrid untuk ‘memperbaiki’ kondisi lapangan mereka di Santiago Bernabeu setelah hasil imbang 3-3 Manchester City di Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024