Pencipta Mobil Listrik Tucuxi Kecewa dengan Menteri Dahlan

Mobil listrik Dahlan Iskan mengalami kecelakaan di Magetan
Sumber :
  • ANTARA/ Siswowidodo

VIVAnews - Danet Suryatama, pencipta mobil listrik Tucuxi, kecewa dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan yang baru saja mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil tersebut. Kecelakaan terjadi di kawasan Magetan, Jawa Timur, Sabtu kemarin.

Danet kecewa karena mobil buatannya itu dibawa Dahlan ke bengkel Kupu-Kupu Malam pada Rabu 26 Desember 2012, untuk dibongkar dengan segala alasan. Salah satunya untuk penyempurnaan kendaraan.

"Kami tidak bermasalah apabila pembongkaran dilakukan bukan untuk dicontek atau direka-reka teknologi elektroniknya. Akan tetapi, kami sangat berkeberatan apabila mobil tersebut dibongkar tanpa seizin kami untuk dipelajari dan ditiru teknologinya dalam hal ini oleh Kupu-Kupu Malam dan Pihak Pak Dahlan, apalagi dengan mengundang pihak lain, dua dosen dari UGM, Jayan Sentanuhady dan Eka Firmansyah," tutur Danet dalam keterangan persnya kepada VIVAnews, Minggu 6 Januari 2013.

Padahal, lanjut Danet, pihaknya sudah memiliki perjanjian dengan Dahlan Iskan mengenai penjagaan terhadap hak cipta desain dan engineering. Juga dengan bengkel Kupu-Kupu Malam.

"Kami mempunyai bukti surat-surat perjanjian tersebut. Termasuk dengan komunikasi email serta BBM yang menyertai permintaan penandatanganan perjanjian tersebut," kata Danet.

Semua teknologi yang ada di mobil Tucuxi, kata Danet, adalah hak ciptanya yang telah dipatenkan. "Penelitian tentang mobil listrik inipun kami mulai sejak tahun 2004, jauh sebelum bertemu dengan Pak Dahlan," Danet menegaskan.

Danet mengaku memiliki foto-foto bukti pembongkaran yang dilakukan Kupu-Kupu Malam dan pihak Dahlan Iskan. Foto-foto tersebut diambil pada waktu pengambilan peralatan di lokasi bengkel Kupu-Kupu Malam pada tanggal 29 Desember 2012.

Mobil sekelas Ferarri itu, kini rusak parah saat diuji coba oleh Dahlan Iskan di wilayah Plaosan Magetan, Jawa Timur, Sabtu kemarin, 5 Januari 2013. Penyebabnya adalah rem tidak berfungsi dengan baik. [Baca:

"Karena kami tidak mempunyai akses ke kendaraan tersebut dan karena telah terjadinya pembongkaran serta penggantian peralatan dari mobil tersebut, kami dari Tim ElektrikCar menyatakan tidak bertanggung-jawab atas apa yang terjadi saat ini," kata Danet.

Meski begitu, kata Danet, Tim ElektrikCar turut prihatin atas terjadinya kecelakaan Tucuxi yang dialami Dahlan Iskan dan Ricky Elson. "Pada saat yang sama, kami juga menyampaikan rasa bersyukur terhadap Allah SWT atas keselamatan dari luka parah akibat dari kecelakaan ini," ucapnya. (umi)

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024