Nissan Siap Luncurkan Mobil Listrik "Murah"

Nissan Leaf dipamerkan di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews – Nissan tampaknya ingin terus melakukan penetrasi di pasar mobil listrik dunia. Kini, mereka tengah membuat mobil listrik dengan harga terjangkau alias murah.

Di pabrik perakitan terbaru di Smyrna, Tennessee, Amerika Serikat, Nissan akan meracik mobil listrik yang termasuk dari keluarga Leaf, yaitu Nissan Leaf S.

Dilansir Edmuns.com, Kamis 10 Januari 2013, Nissan Leaf S akan segera hadir di berbagai showroom pada Februari mendatang. Mengenai harga, Nissan masih enggan membeberkannya, namun diperkirakan kurang dari US$36.050 atau sekitar Rp349 juta.

Hadirnya Nissan Leaf S diharapkan dapat memperluas penawaran produk Nissan di kelas mobil listrik. “Pengenalan kelas Leaf S membuat mobil listrik lebih mudah diakses," kata Travis Parman, juru bicara Nissan Amerika Utara.

Meski demikian, varian Nissan Leaf S akan sedikit berbeda pada bagian fitur-fitur yang ada di varian Leaf SV dan SL. Perbedaan itu seperti penggunaan web-enabled ponsel untuk menyalakan AC dan set charging functions remotely.

Fitur interior ditingkatkan termasuk leather-wrapped pada roda kemudi, sedangkan untuk warna interior akan disematkan aksen hitam. Untuk warna, Nissan Leaf S memiliki dua varian, yaitu Metallic Slate dan Glacier White.

Yang terbaru lainnya adalah Leaf menggunakan baterai lebih kecil dan ringan. Adapun kelebihannya, meski menggunakan charger 6,6 kW, hanya butuh waktu empat jam agar baterai terisi penuh.

Di Amerika, Nissan Leaf sudah terjual sebanyak 9.819 unit pada 2012. Leaf sudah diperkenalkan di IIMS tahun lalu. Meski begitu, Nissan belum berencana meluncurkannya, karena melihat infrastruktur pengisian baterai yang belum siap. (art)

PDIP Dukung PPP Jalin Komunikasi Politik dengan Parpol Lain
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Kubu Prabowo Sindir Megawati Tak Tepat Jadi Amicus Curiae di Sidang MK: Dia Pihak Berperkara

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengajukan diri sebagai amicus curiae atau sahabat pengadilan di tengah sidang sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024