Nissan Turunkan Harga, Toyota Curi Tahta GM

Taksi listrik Nissan Leaf
Sumber :
  • REUTERS/ Paulo Whitaker

VIVAnews - Toyota kembali mencuri tahta General Motors sebagai perusahaan penjual mobil terbanyak dunia dengan angka 9,7 juta mobil dan truk sepanjang 2012.

Sedangkan raksasa Amerika Serikat, General Motors (GM) mengumpulkan angka penjualan sebanyak 9,2 juta unit. Toyota bisa unggul setelah melepas model-model populernya, seperti Camry.

Persaingan keduanya memang cukup panas, sebelumnya GM menduduki peringkat pertama dengan penjualan kendaraan tertinggi selama lebih dari 70 tahun. Namun, gelar ini direbut Toyota pada 2008.

GM tak tinggal diam, dia mengambil kembali titel angka penjualan terbanyak kendaraan pada 2011 saat sejumlah pabrik Toyota hancur akibat gempa dan tsunami serta banjir di Thailand.

Tak ingin pasar hanya dikuasai keduanya, pabrik kendaraan lain juga melakukan strategi untuk terus menggenjot pendapatan.

Nissan Motor Corp Ltd misalnya mengumumkan menurunkan harga untuk penjualan mobil listriknya, Nissan Leaf, dari US$35.000 (Rp337juta) menjadi US$29.650 Rp 285 juta), khusus untuk pasar Amerika.

Hasilnya, angka penjualan Leaf di AS tahun lalu naik 1,5 persen menjadi 9.819 unit mobil. Dengan kebijakan baru ini juga, Leaf akan menjadi mobil listrik lima penumpang termurah di negeri Paman Sam.

Pabrik mobil mewah seperti Jaguar, juga menikmati kenaikan angka penjualan. Pabrik Jaguar Land Rover mengatakan akan merekrut 800 pekerja tambahan di pabrik mereka di Inggris setelah angka penjualan yang bagus di China, yang kini jadi pasar utamanya.

Dalam pernyataan tertulisnya Jaguar Land Rover menyebutkan 72.000 unit mobilnya terjual di China pada tahun 2012, sementara 68.000 unit lain laku di Inggris. Pabrik ini kini dimiliki konglomerasi India, Tata Motors.

Pasar di China juga mendorong Chrysler untuk membangun pabrik rakitan jenis Jeep di negara tirai bambu itu.

Jeep sudah menjual berbagai modelnya di China, termasuk Grand Cherokee, Wrangler, dan Compass. Sebagian besar angka penjualan Jeep berasal dari Amerika, dengan angka total 701.000 unit selama 2012, naik 19 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini adalah rekor tertinggi Jeep saat ini sepanjang sejarah penjualannya.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024