Komponen Ini Wajib Diganti Bila Mobil Mogok Kena Banjir

Guntur Terendam Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Jabodetabek, beberapa ruas jalan Ibukota pun tak luput dari banjir. Banyak pengendara mobil yang nekat menerebos banjir. Ada yang sukses tapi ada juga yang mogok.

Nah, jika mobil Anda mogok karena terendam banjir. Ada komponen yang diwajibkan untuk diganti, bukan hanya diperbaiki.

Apa saja komponen itu? Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, mengatakan selain mobil harus di service, ada beberapa part yang diwajibkan untuk diganti jika memang rusak karena banjir.

Seperti komponen rem ABS (Anti-lock Braking System), TCR (Traction Control), airbag, cruise control dan pre loader. "Semua peralatan keselamatan itu harus dilakukan penggantian komponen bukan perbaikan. bila memang rusak akibat banjir," kata dia.
 
Menurutnya bila komponen tidak tersedia, maka item itu harus dinon-aktifkan. Ini untuk mencegah komponen berfungsi secara tiba-tiba. Misalnya airbag mengembang karena sistemnya tidak berfungsi secara sempurna.

Dia menambahkan pemeriksaan juga harus dilakukan di sektor kaki-kaki, rem dan juga mesin. Tapi apakah diperlukan pergantian atau cukup diperbaiki saja, tergantung dari riwayat mobil. Sampai sebatas apa mobil tersebut melewati genangan air.

Girl Group Cherry Bullet Resmi Dibubarkan, Agensi Ucap Terima Kasih ke Penggemar
Ilustrasi lahan pertanian.

Ministry Pushes Cooperative to Help Farmers in South Sumatra

In Banyuasin Regency, South Sumatra, agricultural activities, especially rice cultivation are very rapid, the problem is – there is no cooperative that houses farmers in

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024