Kumpulan Mobil Paling Aman di ASEAN

Uji tabrak EuroNCAP
Sumber :
  • Caradvice
VIVAnews
Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
 - Uji tabrak menjadi tes wajib bagi setiap mobil yang akan dipasarkan. Dengan begitu, diharapkan konsumen bisa mendapatkan referensi kemampuan mobil yang hendak dibeli dalam hal melindungi penumpang.

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Uji tabrak itu sudah lama dilakukan di Amerika dan Eropa. Sedangkan di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), baru saja dibentuk lembaga independen khusus yang bertugas melakukan uji tabrak, yakni ASEAN New Car Assessment Programme (ASEAN NCAP). 
Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham


Program ini dimulai, seperti dikutip dari laman 
Paultan
, Senin 4 Februari 2013, setelah Malaysian Institute of Road Safety Research menandatangani kesepakatan dengan Global New Car Assessment Programme di New Delhi India, ahir tahun lalu.


Kesepakatan itu ditandatangani asosiasi produsen mobil di negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sayangnya, tidak ada perwakilan Indonesia yang menandatangani kesepakatan.


Dalam pengetesan pertama, ada delapan model yang dites tabrak frontal dengan kecepatan 64 km/jam. Mobil-mobil itu dites tabrak mulai 15 November 2012-29 Januari 2013.


Ada banyak hal yang menjadi perhitungan dalam pemberian 
rating
 (peringkat) tertinggi untuk kedelapan mobil tersebut. Mulai dari keselamatan pengemudi, penumpang dewasa hingga penumpang anak-anak.


Hasilnya, sedan Ford Fiesta LX Ti-VCT Auto dan Honda City Grade S mendapat
rating
 tertinggi dengan standar keselamatan lima bintang. Ford Fiesta memiliki perlindungan 66 persen terhadap penumpang penumpang anak-anak, sedangkan City lebih tinggi yakni 81 persen.


Untuk model lainnya, Toyota Vios 1.5J MT (2012) dan Nissan March E MT (2012) meraih 
rating
 empat bintang. Di bawah keduanya dengan
 rating
 tiga bintang, diraih Proton Saga FLX+ Standard (2013) dan Perodua Myvi SX (2012).


Adapun Hyundai i10 1.1 Epsilon (2012) mendapatkan 
rating
 dua bintang. Sementara itu, mobil dengan nilai terendah adalah Proton Saga Standard yang hanya sanggup meraih satu bintang. Mobil negeri Jiran itu hanya memiliki perlindungan 49 persen terhadap penumpang anak-anak. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya