Mobil Murah VW Rp77 Juta Lahir di China, Kapan di RI?

Mobil VW Transporter 4x4 di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
- Bos Volkswagen (VW), Martin Winterkorn memastikan akan memproduksi mobil murah pada 2015 dengan harga mulai dari 6.000-7.000 euro (Rp77,8-90,8 juta).

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

"China menjadi negara pertama untuk mobil murah ini. Setiap tahun penjualan mobil murah mencapai 3 juta unit," kata Martin dilansir
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Inautonews , Rabu 13 Februari 2013.


Diketahui, pada tahun lalu China menjadi negara penyerap mobil murah terbesar dengan lebih dari 3,8 juta mobil, disusul India 1,2 juta dan Rusia sebanyak 900 ribu mobil.


Menurut Kepala Teknis VW, Ulrich Hackenberg, mobil murah ini akan ditawarkan dengan desain berbeda dari ciri khas VW dan menggunakan merek baru.


"Modelnya sangat bagus. Konsumen bisa memilih untuk meningkatkan spesifikasinya," kata Ulrich.


Pengembangan mobil ini pertama kali dilakukan di Jerman. Setelah itu diboyong ke China untuk digarap bersama mitra lokal. Pada tahap pertama, mobil murah ini untuk China, disusul negara berkembang lain, seperti India, dan tak tertutup kemungkinan Indonesia


Guna menekan harga, VW memaksimalkan komponen lokal, termasuk teknologi yang sudah ada sebelumnya. Kemungkinan VW Jetta akan dijadikan platform dasar untuk mobil murah ini dengan mengusung mesin 1.2-1.6 liter. Namun pihaknya belum mau membeberkan hal tersebut.


Mobil murah salah satu upaya VW meraih ambisi, menjadi produsen kendaraan nomor satu di dunia, mengalahkan Toyota dan General Motors pada 2018. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya