Lexus IS F 2009

Nilai Baru Sebuah Kemewahan

Lexus IS F 2009 dikabarkan akan menjadi model pertama Lexus yang masuk ke pasar tahun depan. Sedan mewah itu akan dilepas dengan banderol AUD$ 129 ribu per unit, atau setara dengan Rp 871 juta dengan kurs Rp 6.756 per dolar Australia.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Lexus mengklaim, harga tersebut merupakan harga yang berpatokan pada aspirasi pasar. Dengan harga yang cukup kompetitif tersebut, Lexus IS F diyakini bakal menyaingi rival-rival utamanya di kelas kategori sedan mewah.

Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Lexus untuk mempertahankan eksistensinya sebagai produsen mobil-mobil mewah yang patut diperhitungkan, sejak kemunculan pertamanya pada 1990 lalu. Di mana saat itu, LS400, model pertama pabrikan yang bermarkas di Australia ini, dilempar dengan harga di bawah banderol para pesaingnya. Tujuan Lexus ’mengobral’ harga saat itu adalah untuk menggebrak pasar sedan mewah.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Lexus IS F mengusung mesin lima liter yang kompak. Mesin dengan format V8 itu mampu menghasilkan daya sebesar 311 kW dan momen puntir hingga 505 Nm.

Mobil ini menggunakan sistem transmisi berpengerak roda belakang dengan gearbox yang mengadopsi Sports Direct Shift (SPDS) delapan percepatan. Sistem tersebut mampu membuat proses pemindahan gigi yang begitu cepat, hanya 0,1 detik.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Akhir Oktober tahun ini, Lexus akan memulai pendistribusian produknya itu ke diler-diler mereka dengan fitur penuh. Satu-satunya opsi yang ditawarkan adalah tanpa moonroof.

”Mobil ini akan mampu menciptakan persaingan yang sangat berat di pasar sedan,” ucap John Roca, direktur eksekuti Lexus, seperti dikutip autoclub.

Lexus sendiri, menurutnya, sejauh ini cukup berhasil dalam menciptakan standar baru kualitas, spesifikasi dan harga di pasar mobil mewah. ”Kami telah melihat kinjera mobil-mobil pesaing kami sepanjang 2008 ini,” lanjutnya. Karena itulah, katanya, Lexus IS F akan sangat percaya diri untuk bertarung secara ”head to head” dengan para pesaingnya nanti.

Harga IS F yang relatif rendah akan menjadi modal tersendiri bagi Lexus untuk terus membangun kredibilitas dengan mengusung lambang "F" sebagai simbol atas sebuah kemewahan. IS F sendiri, kata Roca, telah menjadi salah satu kategori yang paling kompetitif. Yaitu kategori tentang semua hal yang menyangkut ambisi dan nilai dari sebuah merek.

”Kami sudah memiliki itu, dan ini yang akan membedakan kami berbeda dengan yang lainnya,” ujarnya. Roca yakin, IS F akan menjadi pahlawan yang akan mendongkrak penjualan model-model IS lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya