OTOMOTIF

Punya 3 Varian, Toyota Etios Dibanderol Mulai Rp135 Juta

Karakteristik Eltios Valco sebagai city explorer.
Senin, 11 Maret 2013
Oleh : Mohammad Adam, Sandy Adam Mahaputra
Toyota Etios Valco
VIVAnews - Toyota Astra Motor resmi meluncurkan mobil citycar baru, Etios Valco. Mobil lima penumpang itu hadir dalam tiga varian yakni J, E, dan G. Di mana, tipe termurahnya dibanderol Rp135,5 juta On the Road Jabodetabek.

Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan, tingginya permintaan pasar citycar nasional terjadi dalam beberapa tahun belakangan.

Kondisi itu, dia melanjutkan, mendorong Toyota untuk meluncurkan produk di segmen citycar dengan fitur dan spesifikasi yang lebih tinggi.

"Toyota Etios Valco akan diproduksi di Indonesia di bawah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang telah memproduksi produk berkualitas tinggi berstandar ekspor, yaitu Kijang Innova dan Fortuner," ujar Johnny saat peluncuran Etios Valco di Jakarta, Senin 11 Maret 2013.

Nama Etios sendiri berasal dari kata "Ethos" yang berasal dari bahasa Yunani. "Ethos" yang memiliki semangat, karakter, dan ideal. Sementara itu, Valco berasal dari kata "Falcon" yang dalam bahasa Italia berarti Elang, binatang yang identik dengan ketangguhan, petualang, dan penjelajah.

"Pemberian nama ini diinspirasi dari karakteristik Toyota Etios Valco sebagai city explorer," tambah Jhonny.

Etios Valco akan mengisi line-up kosong di antara Agya dan Yaris. Mobil ini hadir dengan tiga pilihan varian yaitu tipe J, E, dan G. Untuk tahap awal, Etios baru tersedia transmisi manual, sedangkan untuk matik akan menyusul.

Eksterior Etios Valco memiliki desain "Bold Simplicity", meski sederhana, tapi diklaim tetap sport, simpel, dan aerodinamis. Valco dibekali sporty grille dan 15” alloy wheel (E & G Type), 14” steel wheel (J Grade).

Untuk tipe J (versi termurah) dibekali sporty 3 spoke steering wheel dengan SRS Airbag bagi pengemudi dan penumpang, 7 cup holder, coin dan card holder yang secara khusus didesain untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, terdapat interior cooler di dalam laci dashboard untuk menaruh minuman agar tetap fresh dan dingin.

Sementara itu, tipe E (menengah) memiliki fitur yang dimiliki tipe J. Namun, ada penambahan seperti 2 DIN Head Unit with AM/FM radio, CD, MP3, USB, AUX, dan Electric Power Steering (EPS).

Adapun tipe G (termahal) juga memiliki semua fitur di tipe E dan J, ditambah Steering Switch, Anti Braking lock System (ABS), Security System, Front foglamp, Electric Outside Rear View Mirror, dan intermittent Wiper.

Etios Valco dibekali mesin 1.197 cc DOHC 4 silinder yang memiliki tenaga 80 dk pada 5.600 RPM dan torsi puncak mencapai 104 Nm pada 3.100 RPM. Etios memiliki enam pilihan warna yaitu hitam, putih, biru, silver, abu-abu, dan beige.

Mobil lima penumpang ini akan berhadapan langsung dengan Brio, Mirage, March, Picanto, Sirion, dan Splash.

Berikut harga Toyota Etios Valco (on the road Jabodetabek):
-Toyota Etios J Rp135,5 juta
-Toyota Etios E Rp149,9 juta
-Toyota Etios G Rp161,6 juta

(art)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found