Siapa Jawara Segmen City Car di Indonesia?

Mobil Honda Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Meski pangsa pasar mobil jenis city car tidak sebesar MPV (Multi Purpose Vehicle), keberadaan mobil perkotaan semakin meningkat. Bahkan, sejak PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Brio pada Agustus 2012, Honda Prospect Motor mengaku penjualannya terus meningkat.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews, Kamis 14 Maret 2013, Honda memprediksi penjualan baby Jazz akan mencapai target hingga 10.000 unit hingga Maret 2013.

Sejak Agustus hingga Februari 2013, Honda Brio telah terjual sebanyak 9.442 unit, dan pada Februari mampu terjual 1.440 unit. Produk Honda ini menjadi pemimpin pasar di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 31 persen.

“Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik bagi sebuah produk baru dan membuktikan Honda Brio menjadi pilihan utama konsumen Indonesia di kelas city car," kata Marketing and Aftersales Service Director Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Brio dipasarkan mulai Rp149 juta untuk transmisi manual, Rp159 juta bagi tipe S transmisi manual, Rp160 juta untuk tipe E transmisi manual, dan Rp170 juta bagi tipe E transmisi otomatis (harga On the Road Jabodetabek).

Mobil ini dipersenjatai mesin Honda i-VTEC SOHC 1.3 liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 100 PS --terbesar di kelasnya. Untuk rasa berkendara yang mulus dan efisiensi bahan bakar, Brio telah menerapkan teknologi Drive By Wire (DBW), Grande Logic Control, dan Shift Hold Control.

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sementara itu, dari sisi transmisi, Brio menawarkan pilihan transmisi manual dan otomatis 5 percepatan (5AT).

Pada Februari 2013, menurut data penjualan mobil Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di kelas city car, total penjualan mencapai 3.922 unit. Berikut lima city car terlaris selama Februari 2013:

1.     Honda Brio 1.444 unit

2.     Daihatsu Sirion 750 unit

3.     Kia Picanto 620 unit

4.     Nissan March 659 unit

5.     Mitsubishi Mirage 425 unit

(art)

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama
Harmoni Energi Sehat

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Salah satu langkah konkret yang diambil dalam merayakan Hari Kartini adalah meluncurkan Harmoni Energi Sehat (HES), sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesehatan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024