Tiga Jagoan Baru KIA untuk Kalahkan Dominasi Jepang

KIA jadi satu-satunya produsen non Jepang yang masuk 10 besar.

Kamis, 14 Maret 2013, 14:51 Iwan Kurniawan, Sandy Adam Mahaputra
All New KIA Carens, salah satu mobil yang disiapkan KIA untuk penetrasi pasar otomotif Indonesia.
All New KIA Carens, salah satu mobil yang disiapkan KIA untuk penetrasi pasar otomotif Indonesia. (Carscoop)
VIVAnews - KIA Mobil Indonesia (KMI) memiliki "amunisi" untuk melawan dominasi produsen Jepang di pasar mobil Tanah Air. Untuk tahun ini, perusahaan asal Korea Selatan itu bakal menyodorkan tiga mobil baru, yaitu Sorento (SUV), All New Carens (MPV), dan Optima K5 (sedan).

Direktur Pemasaran KMI, Hartanto Sukmono, mengatakan, tiga mobil baru ini diharapkan bisa terus meningkatkan penjualan KIA pada 2013. Menurut dia, sebanyak 13.651 unit mobil terjual pada tahun lalu atau meningkat 50,3 persen dibandingkan penjualan 2011 sebanyak 9.081 unit.

Torehan itu membuat KIA finish di urutan sembilan penjualan mobil nasional 2012, dengan pangsa pasar 1,2 persen. Pencapaian itu dapat membuatnya bangga, karena hanya KIA, perusahaan non Jepang yang masuk dalam jajaran 10 besar.

"Kami menjadi satu-satunya produsen di luar Jepang yang masuk 10 besar penjualan mobil nasional. Untuk menghadapi persaingan yang makin ketat, kami telah menyiapkan tiga mobil baru itu dari segmen SUV, MPV, dan sedan," kata dia.

Bulan depan, KIA akan meluncurkan KIA Sorento. SUV tujuh penumpang ini bakal berhadapan dengan Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Ford Everest. Sayangnya, Sorento hadir dalam versi mesin bensin, padahal ketiga rivalnya mengusung mesin diesel.

Setelah itu, KIA akan menghadirkan model yang cukup ditunggu-tunggu, yaitu All New Carens. MPV alternatif yang cukup populer di Indonesia itu hadir dengan perubahan desain yang lebih modern dan stylish.

"Sedangkan mobil terbaru lainnya ada sedan Optima (K5)," tambah dia.

Pihaknya belum mau membeberkan apakah sedan Optima yang akan dipasarkan dilengkapi versi hybrid. "Tunggu saja, yang pasti ketiga ini CBU (diimpor utuh),"

Diketahui, penjualan terbanyak KIA berasal dari Picanto. City car itu terlego 7.675 unit atau menyumbang 56 persen dari total penjualan KIA. Torehan itu meningkat 2.577 unit atau 50 persen dibanding 2011.

Adapun kontribusi terbesar kedua berasal dari All New Rio. Hatchback itu terserap pasar sebanyak 3.234 unit,  atau naik 1.832 unit (130,6 persen) dibandingkan 2011. Kemudian disusul Sportage yang terjual sebanyak 1.634 unit, dan commercial vehicle sebanyak 913 unit. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id