FOTO: Pabrik Mobil Toyota Rp135 Juta Made In Karawang

Suasana perakitan Toyota Etios di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di kawasan perindustrian Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/03/2013).
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
- Toyota Astra Motor mempunyai ambisi besar mengambil pangsa pasar city car nasional, dengan model terbarunya yaitu Etios Valco.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Toyota memang telat bermain di segmen ini, karena kompetitor lebih dulu menikmati keuntungan. Sadar yang dihadapi merupakan rival tangguh, Toyota langsung pasang strategi khusus pada Etios.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa


Model ini diplot untuk menyasar konsumen menengah ke bawah, di mana versi termurah dibanderol Rp135,5 juta.


Untuk lebih memudahkan mensuplai konsumen dan menekan harga, Etios diproduksi di pabrik baru kedua PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan luas tanah 11 hektare di kawasan perindustrian Karawang, Jawa Barat.




Menurut President Director TMMIN, Masahiro Nonami, pabrik yang mulai dibangun pada 2011 itu merupakan investasi Toyota dalam jangka panjang dan menghabiskan dana sebesar Rp13 triliun. Pabrik ini diklaimnya, dapat meningkatkan lapangan kerja hingga 41 ribu pada lima tahun mendatang.


Saat ini, pabrik kedua tersebut dipergunakan untuk memproduksi model Etios Valco. TMMIN menargetkan kapasitas produksi Etios Valco mencapai 2.000 unit per bulan. Bahkan, jika telah memenuhi pasar domestik, mobil pesaing Brio, March, serta Mirage ini produksinya akan ditingkatkan menjadi 4.000-5.000 unit per bulan untuk ekspor ke berbagai negara. (umi)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya