OTOMOTIF

VIDEO: 10 Kendaraan Canggih Israel untuk Deteksi Musuh

Israel mengembangkan mobil tanpa sopir, dilengkapi sensor canggih
Kamis, 21 Maret 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Guardian UGV, kendaraan militer Israel
VIVAnews - Produsen mobil dunia bersama raksasa mesin pencari Google tengah gencar mengembangkan dan menguji coba teknologi mobil tanpa sopir.

Namun di balik hebohnya mobil tanpa awak, ternyata
teknologi yang diterapkan itu bukanlah terobosan baru. Sebab, model kendaraan seperti itu sudah lebih dulu digunakan oleh tentara Israel.

Kendaraan itu adalah Guardian UGV. Dilaporkan Jalopnik dan Carscoop, kendaraan yang mampu berjalan mandiri tanpa dikendarai itu dirancang oleh perusahaan Israel bernama G-Nius.

Mobil yang dilengkapi kamera dan sensor canggih ini sudah dikembangkan Israel sejak 30 tahun lalu. Awalnya, Israel menginginkan sebuah kendaraan militer kompak, yang bisa dibawa dengan Sea Knight atau helikopter tempur Chinook.

Mereka kemudian mencomot platform kendaraan militer TOMCAR, untuk membuat Guardian UGV.

Kendaraan yang handal medan off-road ini jadi garda terdepan untuk mendeteksi serangan musuh. Tak heran, jika Israel membenamkan teknologi canggih di dalammnya.

Meski tidak disebutkan secara rinci, kendaraan pengintai ini bisa dikendalikan dari jarak jauh dan dapat mendeteksi sasaran serta mengoordinasi serangan udara dan darat.

Keunggulan lainnya adalah kabin yang mampu memuat penumpang. Jadi ketika tentara Israel dalam kondisi terjepit, mereka bisa bersembunyi di dalam mobil yang bisa berjalan sendiri itu

Tentara Israel sudah memiliki 8-10 unit mobil tanpa sopir untuk menjaga perbatasan antara Israel dan jalur Gaza.

Lihat videonya di sini.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found