Pertaruhan Yamaha Melawan Hegemoni Honda di Kelas Skutik Trail

penjualan motor skutik
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com
VIVAnews
Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu
- Penjualan motor matik yang tinggi di Indonesia mendorong keinginan PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur (YIMM) segera meluncurkan produk terbarunya, yaitu Yamaha X-Ride atau di Thailand dikenal dengan nama Yamaha TTX.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

"Nanti kami luncurkan Yamaha X-Ride 27 Maret di Yogyakarta. Kami akan bawa ke Merapi juga, karena memang cocok disana," ujar Manajer Komunikasi Pemasaran PT YIMM, Eko Prabowo, saat media gathering di Lido Resort, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 23 Maret 2013.
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024


Yamaha mengklaim, motor matik terbarunya ini akan tangguh melintasi medan aspal maupun bebatuan karena didukung desain bodi yang ramping serta kaki-kaki yang dibalut dengan ban 'pacul'.


Yamaha X-Ride yang disebut-sebut sebagai penantang Honda Zoomer ini, mengambil platform dan mesinnya dari Yamaha Mio J. Honda Zoomer sendiri saat ini tengah dilakukan survei seberapa besar minat konsumen di Indonesia.


Lantas berapa harga Yamaha X-Ride? "Kami belum tahu, masih potensial. Nanti mendekati peluncuran akan kami beritahu," kata Eko.


Saat ini, kata Eko, petinggi Yamaha tengah mempertimbangkan berapa harga yang pas untuk pasar Tanah Air. Hal itu dikarenakan Yamaha X-Ride memang belum memiliki pasar yang besar.


Namun, menurut Eko, Skutik
off-road
ini bisa dibilang sebuah terobosan sekaligus "perjudian" Yamaha untuk bisa menyusul Honda.


Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur eksekutif Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti, mengatakan bahwa perusahaannya siap menerima konsekuensi jika model ini menemui kegagalan di pasaran.


"Belum ada kompetitor di kelas tersebut. Risiko jadi trendsetter ini bisa gagal atau berhasil," kata Dyonisius.

 

Dyon menambahkan, potensi penjualan TTX tidak terlalu kecil. Dia memprediksi produk ini bisa terserap pasar hingga 10 ribu unit per tahun.


Yamaha TTX merupakan skuter otomatis dengan mesin injeksi 115cc --sama seperti Mio J. Meski menggunakan mesin berkapasitas 115cc, Yamaha memberikan nuansa skuter dengan kemampuan motor berkapasitas 1.000cc, dan kenyamanan layaknya motor 250cc. Yamaha TTX 115i menggunakan profil roda belakang 100/70 R14 dengan suspensi khusus.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya