Yamaha Luncurkan Skutik Trail

Ini merupakan jenis motor crossover pertama di Indonesia.

Rabu, 27 Maret 2013, 17:08 Hadi Suprapto, Sandy Adam Mahaputra
Skutik trail Yamaha X-Ride
Skutik trail Yamaha X-Ride (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)
VIVAnews - Yamaha Indonesia melanjutkan penetrasinya di pasar motor matik nasional. Untuk bisa mengejar seteru abadinya, Honda, mereka melakukan pertaruhan dengan meluncurkan skutik trail, X-Ride di Merapi, Yogyakarta.

"Ini merupakan jenis motor crossover pertama di Indonesia. X-Ride menjadi trendsetter baru skutik dengan akselerasi spontan dan tangguh di segala medan," kata Marketing Director Executive PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yutaka Terada, Rabu 27 Maret 2013.

Raga pembentuk X-Ride banyak berkiblat pada seni motor trail dan motor penjelajah off-road.  Mulai dari kaki-kaki motor yang tampak menonjol layaknya semi off-road. Shock breaker depan dan belakang lebih panjang, plus diameter lebih besar dengan tipe twin tube.

Lampu depan dirancang layaknya lampu motor penjelajah, sedangkan lampu senjanya mengadopsi bentuk V. Yang lebih mentereng, desain lampu belakangnya menyerupai knalpot iala superbike penguasa darat.

Untuk lampu seinnya menggunakan konsep Moto-Cross Flexible Flasher Lamp, dan bagian stang dibuat seperti tipe motor trail. Speedometer X-Ride didesain lebih ringkas dan modern.

Ada pun jok menggunakan dua warna dan teksturnya seperti motor trail-- meterial jok dibuat lebih kesat. Yang baru dari penemuan baru Yamaha, pada cover tandem foot rest ditambahkan kisi-kisi udara untuk membantu pendinginan mesin agar lebih optimal.

Untuk fitur standard keamanan disematkan Smart Lock System. Ukuran tangki bensin disediakan lebih besar menampung 4,8 liter.

X-Ride disempurnakan teknologi Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YMJet FI), Forged Piston dan DiAsil Cylinder sehingga konsumsi bahan bakarnya diklaim perusahaan lebih irit dah kencang.

"Akselerasi bawah dan tarikannya lebih spontan pada jarak 0-50 meter. Mudah dikendarai di kota karena bobot ringan dan bodi ramping. Handling juga nyaman di segala medan karena dibekali suspensi kokoh," kata Asisten General Manager Service YIMM, M. Abidin.

Tumpuan bagian bawah motor yaitu ban bagian belakang lebih lebar ukurannya 100/70-14 inci. Pelek belakang juga lebih lebar, sehingga stabil pada kecepatan tinggi, dibantu lagi kakinya yang lebih lebar.

Discbrake depan diameternya lebih besar 3 cm dibandingkan Soul GT. Size diameter itu membuat pengeremannya lebih sempurna. "Ground clearence lebih tinggi 2,2 cm dari matik bisa," tambahnya.

Spesifikasi mesin X-Ride memang sama seperti Soul GT (114cc), tapi disempurnakan untuk meningkatkan akselerasi awal. "Perbedaan tenaga dengan Soul GT 5 persen lebih meningkat di mana top speed-nya naik 2 persen," kata Abidin.

Motor berdimensi panjang 1.880 mm, lebar 745 mm, tinggi, 1.085 mm, dan wheelbase 1.275 mm hadir dalam lima pilihan warna; Drifting Black (Hitam Orange), Adventure Black (Hitam Merah), Skater White (Putih Merah) dan Crosser Blue (Biru Putih).

Yamaha X-Ride dibanderol Rp 14,4 juta untuk versi standar, spesial edition (tambahan 3 aksesoris) Rp15 juta, dan special Adventure Rp16, 565 juta (full 13 aksesoris). Semua harga berstatus On the Road Jabodetabek.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru