Kepopuleran Avanza dan Innova Mulai Terancam

All New Avanza
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik
- Memasuki bulan ketiga 2013, persaingan mobil keluarga di kelas MPV (Multi Purpose Vehicle) semakin ketat. Hadirnya model baru membuat pemain lama makin waspada, lantaran pangsa pasarnya tergerus.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Avanza misalnya, mobil terlaris di Indonesia ini terus mengalami penyusutan penjualan di awal 2013. Pada Januari lalu, mobil tujuh penumpang itu terlego 17.471 unit. Satu bulan kemudian menurun menjadi 16.760 unit, sedangkan di bulan lalu kembali menyusut 14.333 unit.
Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan


Jagoan Toyota lainnya yang selalu masuk jajaran mobil paling laku di Tanah Air, Innova bernasib serupa. Mobil MPV itu mengalami penuruan penjualan dalam tiga bulan terakhir tahun ini.


Januari lalu, Innova terserap pasar 7.383 unit, kemudian berkurang lagi menjadi 6.435 unit di Februari. Catatan kurang memuaskan terjadi lagi pada bulan lalu, di mana Innova hanya terlego 5.093 unit.


Kegugusaran pemain lama di kelas MPV tidak terlepas dari agresifitas model baru yang sedang 'naik daun', yaitu Suzuki Ertiga.


Februari 2013, Ertiga mampu menyalip penjualan Xenia. Tercatat, Suzuki Ertiga terjual 6.784 unit, sedangkan Xenia sebanyak 6.283 unit.


Penetrasi Ertiga terhadap Xenia memang sudah terlihat pada bulan pertama 2013. Penjualan Ertiga hanya kalah tipis dengan Xenia. Januari lalu, Xenia mampu terserap pasar sebanyak 5.905 unit, adapun Ertiga 5.467 unit.


Kesuksesan Ertiga mengalahkan Xenia pada Februari lalu, sekaligus membawa mobil tersebut ke posisi kedua di daftar 10 besar mobil paling laris Tanah Air. Menggusur Kijang Innova (6.435 unit), di mana pada Januari lalu berada di posisi kedua.


Munculnya Ertiga bisa dibilang mengubah peta penjualan mobil nasional, di mana peringkat 3 besar selalu didominasi oleh model buatan Toyota dan Daihatsu.


Lalu apakah Ertiga mampu mengempiskan dominasi Toyota dengan dua mobil andalannya, Avanza dan Innova?
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya