OTOMOTIF

FOTO: Mobil-mobil Mewah yang Celaka di Jalanan Jakarta

Dari mobil buatan Jepang sampai Jerman.
Kamis, 4 April 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Porsche Panamera mengalami kecelakaan di SCBD, Jakarta
VIVAnews - Kecelakaan mobil di jalan raya bisa menimpa siapa saja, bahkan mobil mewah yang dilengkapi dengan perangkat keamanan yang canggih pun tak luput dari kecelakaan.

Yang terbaru adalah Toyota Camry B 1596 KV di jalan tol TB Simatupang KM 25+400 arah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Insiden itu mengakibatkan pengemudi dan penumpang di dalamnya meninggal di tempat.

Mobil buatan Jepang itu mengalami kerusakan cukup parah diseluruh bodi. Bukan sembarang orang bisa membeli mobil tersebut. Maklum harga mobil sedan Toyota itu cukup mahal, sehingga khusus mereka yang berkantong tebal saja.

Camry merupakan varian sedan paling mewah dan mahal Toyota.Toyota All New Camry tampil dengan desain elegan, stabil, dan prestisius. Toyota juga tetap mempertahankan konsep Lounge on The Wheel di kabin yang didesain dengan feature terlengkap di kelasnya.

Di dalam kabinnya terdapat fitur sistem entertainment kelas atas dengan audio 2 DIN, audio video Navi dengan delapan unit speaker premium JBL Green Edge dan dilengkapi dengan kontrol jok belakang. Ada juga fitur rear seat relaxation system yang ditemani 3 Zone Air Conditioner.

Toyota melepas All New Camry mulai dari Rp482,7-635,6 juta on the road Jakarta.

Satu pekan sebelumnya, kecelakaan mobil mewah juga terjadi. Kali ini, menimpa Porsche Panamera hitam bernomor polisi B 88 DAN di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Ini juga bukan sembarang mobil. Maklum, harga mobil ini di Jerman dilepas paling murah 85.000 euro atau Rp1,2 miliar. Namun, bila kita melihat tingginya bea masuk, PPnBM serta pajak-pajak lainnya, bisa jadi harga yang sudah mahal itu kembali membengkak ketika dijual di Indonesia.

Panamera menawarkan pilihan ban low-resistance. Perlengkapan standar termasuk "Active Suspension Managemant" Porsche, lampu besar bi-xenon, pemandu parkir depan dan belakang, "tyre pressure monitoring", dan navigasi satelit layar sentuh.

Panamera diklaim dapat berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu 4.2 detik saja, serta mampu berlari hingga ke kecepatan 303 km/jam.

Mobil mewah lain yang juga terlibat kecelakaan adalah BMW X5 B 272 HR di ruas Tol Jagorawi, Km 3+350, Selasa 1 Januari 2013. Ada dua korban meninggal dan tiga korban luka ringan akibat kecelakaan tersebut.

BMW X5 itu dikemudikan oleh M Rasyid Amrullah Rajasa, putra bungsu Menteri Perekonomian Hatta Rajasa. Berdasarkan data harga BMW, Seri X5 memiliki harga paling murah Rp1,128 miliar, sedangkan varian termahalnya dibanderol Rp1,438 miliar. Adapun harga seken mobil BMw X5 Rasyid Rajasa sekitar Rp900 juta.

Mobil yang diimpor utuh dari Jerman itu memang dilengkapi fitur keselamatan aktif dan pasif, mulai dari Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBV), Cornering Brake Control (CBC), Active Headrest Front, Brake Assist, Brake Force Display.

Tak cuma itu, mobil yang dibekali mesin bensin 2.996 cc dengan tenaga 258 hp di 6600 RPM dan torsi maksimal 300 Nm pada 2500 RPM ini juga dilengkapi Side Airbags and Front Airbags untuk penumpang depan, serta kantong udara di bagian atas.

Lihat foto-fotonya di sini.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found