Nasib Mobil Murah Terkatung-katung, Tertahan di Hatta?

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Memasuki bulan ke empat 2013, regulasi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) belum juga diterbitkan pemerintah.

Situasi ini membuat produsen mobil, terutama Astra Group yang telah siap menjual produknya, Daihatsu Ayla-Toyota Agya semakin cemas dan mulai merugi. Lantas bagaimana proses terakhir regulasi itu?

Pemerintah mengaku sedang merevisi draft peraturan mobil murah ramah lingkungan. Menteri Perindustrian MS Hidayat beberapa waktu lalu, mengatakan draft itu sudah ada di Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa. "Menko melihat ada yang masih kurang tepat, namun saya tidak tahu pasti apa yang diubah," kata dia.

Saat ini sudah lima menteri yang memberikan paraf pada draft peraturan tersebut. Adapun Presiden belum menandatangani, karena harus diperiksa oleh Menteri Koordinator Perekonomian.

Kondisi ini otomatis membuat peraturan mobil murah ramah lingkungan kembali molor, di mana sebelumnya ditargetkan keluar paling lambat kuartal pertama 2013.

Dari semua produsen, Astra Daihatsu Motor (ADM) sepertinya paling merasakan dampak dari molornya regulasi LCGC. Mengingat, Ayla-Agya diproduksi di pabrik mereka.

ADM yang awalnya telah siap memproduksi 1.000 unit pada bulan Januari lalu, selanjutnya menjadi 2.000 unit dan 3.000 unit, harus pasrah rencananya berantakan lantaran regulasi tak kunjung terbit.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Belum lagi, perusahaan pemasok komponen lokal terpaksa berhenti beroperasi karena Ayla-Agya tidak kunjung diproduksi. Calon konsumen yang sebelumnya setia menunggu mobil itu pun mulai bosan dengan ketidakjelasan, dan memilih beralih untuk membeli mobil lain. Melihat kondisi ini, potensi kerugian yang dialami ADM ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Astra Daihatsu Motor (ADM) memang satu-satunya produsen yang sudah siap memproduksi mobil murah di Indonesia. Empat merek Jepang lain, Suzuki, Honda dan Nissan (Datsun) baru akan memulainya tahun depan.

Ayla-Agla rencananya akan dibanderol mulai dari Rp75-100 jutaan. Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter.

Toyota Agya yang berarti cepat dan Ayla yang artinya cahaya, dirancang oleh desainer asal Indonesia, yakni Mark Widjaja.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024