Yaris Baru Muncul di China, Kapan Indonesia?

Desain depannya mirip Vios generasi terbaru.

Senin, 22 April 2013, 12:55 Sandy Adam Mahaputra
New Yaris
New Yaris (Motortrend.com)

VIVAnews - Perhelatan Shanghai Motor Show 2013 dipilih Toyota Motor Corporation menjadi tempat kelahiran Yaris edisi teranyar. Mobil hatchback itu tampil dengan desain lebih agresif.

Hiroji Onishi, Kepala Operasi Toyota China, di Shanghai, Senin 22 April 2013, mengatakan, New Yaris akan berduet dengan sedan entry level mereka, Vios, yang juga hadir dengan beberapa perubahan mencolok. "Vios dan Yaris telah melakukan cukup baik di Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Tapi, kami belum membuat kemajuan cukup di China," kata Hiroji.

Yaris baru tampil dengan bodi lebih ramping, meninggalkan kesan "gelembung" pada generasi sebelumnya. Lampu depan dibuat lebih menyipit hingga sisi samping bodi.

Desain grill terlihat minimalis, menyatu dengan airdam beraksen hitam. Sementara itu, desain bodi belakang dibuat lebih minimalis, namun seksi.

Untuk interior dan mesin belum diungkapkan. Namun, kemungkinan besar New Yaris untuk pasar China akan hadir dengan pilihan mesin 1.0-liter 3 silinder dan 1.3 liter 4 silinder.

Mobil yang akan berhadapan dengan Jazz, Mazda2, dan Fiesta ini akan diproduksi serta segera dipasarkan di China akhir tahun ini.

Kapan di Indonesia?

Penjualan Yaris di Tanah Air memang mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir. Gelar raja hatchback yang diraih tahun lalu, mulai direbut seteru abadinya, Honda Jazz.

Dimulai pada Januari lalu, Jazz terlego 2.337 unit, sedangkan Yaris 1.529 unit. Satu bulan berikutnya, Jazz kembali unggul dengan 2.999 unit, adapun Yaris terlego 1.843 unit.

Pada Maret, Yaris kembali tak mampu mengalahkan Jazz. Tercatat, Yaris hanya terserap pasar sebanyak 2.258 unit, dan Jazz terjual 3.668 unit.

Melihat kondisi ini, Toyota Astra Motor tentu tidak akan tinggal diam pangsa pasarnya terus tergerus. Hadirnya generasi terbaru Yaris jadi sinyal Toyota untuk bisa membalikkan keadaan.

Terlebih, mereka telah mengonfirmasi akan menjual New Vios dalam waktu dekat. Lalu, apakah setelah itu mereka akan menyodorkan New Yaris? Kita tunggu saja. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id