OTOMOTIF

Pabrik Si Murah Ayla-Agya Sudah Siap, Penjualannya Belum Jelas

Mobil murah itu akan diproduksi di pabrik baru Daihatsu, Karawang.
Senin, 22 April 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra, Alfin Tofler
Daihatsu Ayla
VIVAnews - Astra Daihatsu Motor (ADM), hari ini Senin 22 April 2013, meresmikan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat. Pabrik yang berdiri di lahan seluas 94 hektar itu, hanya akan memproduksi empat mobil kolaborasi Dahaitsu dan Toyota, yaitu Alya-Agya dan Xenia-Avanza.

Direktur Manufactur ADM, Pongky Prabowo, mengatakan bahwa untuk tahap awal pabrik ini baru memproduksi Xenia-Avanza. Namun, begitu  peraturan mobil murah ramah lingkungan terbit, maka pihaknya akan langsung memproduksi Alya dan Agya.

"Para pekerja Daihatsu sudah mengikuti training terkait pengerjaan dua mobil murah tersebut. Jadi pekerja tidak akan memulai dari awal lagi untuk pelatihan," kata dia.

Kapasitas produksi pabrik itu menurutnya mencapai 120 ribu mobil setiap tahun. Ini berarti setiap bulan ada 10 ribu mobil yang bisa diproduksi. "Dari 10 ribu itu, tiga ribu bisa untuk memproduksi Ayla," katanya.

Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, menambahkan untuk kapasitas produksi Agya ia tidak bisa memberikan pernyataan, karena Toyota yang nantinya akan mengumumkan. "Kemungkinan Ayla-Agya akan dijual pada semester kedua tahun ini," kata optimis.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa peraturan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tak kunjung terbit. Sebelumnya ditargetkan keluar paling lambat kuartal pertama 2013.

Pemerintah mengaku sedang merevisi draft peraturan mobil murah ramah lingkungan. Draft itu sudah ada di Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa. "Menko melihat ada yang masih kurang tepat, namun saya tidak tahu pasti apa yang diubah," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat.
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found