OTOMOTIF

Lampu Pintar Mobil: Bikin Hujan Tak 'Terlihat'

Teknologi "See Through Rain" ini bekerja seperti proyektor.
Sabtu, 27 April 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Ilustrasi lampu depan mobil

VIVAnews - Lampu mobil yang membuat hujan 'tak terlihat' di mata pengemudi, kini sedang dikembangkan untuk bisa mengurangi potensi kecelakaan di jalan raya.

Lampu itu diharapkan meningkatkan visibilitas bagi pengendara dalam kondisi berbahaya sehingga mereka dapat secara efektif melihat ke depan tanpa terhalang hujan.

Lampu berteknologi tinggi ini diprogram untuk mendeteksi tetesan air dan 'tidak menerangi' pengemudi saat jatuh. Ini berarti pengemudi tidak terganggu dan bisa fokus pada jalanan di depan.

Teknologi "See Through Rain" bekerja seperti proyektor tidak seperti lampu tunggal tradisional yang ada di mobil-mobil saat ini.

Saat ini ketika sinar lampu mobil menerangi jalan selama hujan, juga akan menerangi hujan yang dapat mengalihkan perhatian pengemudi. Teknologi baru akan bergantung pada kamera digital untuk menentukan lokasi tetesan hujan.

Software kemudian memprediksi di mana tetesan air akan masuk dalam bidang pandang pengemudi dan cahaya dari lampu yang biasanya menerangi hujan akan dimatikan. Ini akan mengurangi silau dan yang terlihat hanya berkas cahaya yang tidak terganggu air hujan, salju, atau hujan es.

"Meskipun cahaya sedikit berkurang (ketika beberapa sinar dimatikan), itu berkurang di daerah yang mengganggu pengemudi," kata John Tomkins, seorang insinyur di perusahaan teknologi Intel.

"Ketika Anda menghilangkan refleksi dari hujan, maka Anda dapat melihat melewati hujan dan melihat jalan lebih jelas," jelasnya. (umi)

Lampu cerdas ini dikembangkan oleh Intel dan Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Amerika Serikat.

(Sumber: Dailymail)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found