Dirakit di Bekasi, Harga Moge Terbaik Dunia Turun Rp100 Juta

MV Agusta F4 RR
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia
- Produsen motor MV Agusta langsung menunjukkan penetrasinya di pasar otomotif nasional. Tak hanya sekedar menjadi distributor, merek motor asal Italia itu sudah mendirikan pabrik rakitan (CKD) di Bekasi, Jawa Barat.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Setelah mendatangkan beberapa model, yaitu Brutale 675, Supersport F3 675, Superbike F4R, dan Superbike F4RR, November 2012. Kini mereka menyodorkan lagi tiga model anyar, yaitu Brutale 800, Brutale 1090, dan Superbike F4RR.
Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif


Menurut CEO PT Motor Arte Indonesia (MAI), agen tunggal merek MV Agusta, Steven Oentoro, semua model itu telah dirakit di Bekasi, Jawa Barat. "Nantinya semua model 2013 dan tahun-tahun seterusnya memang ditargetkan untuk dirakit juga secara lokal di sini," kata dia.


Moto Arte Indonesia tak khawatir akan kualitas perakitan secara lokal. Mereka berani menjamin kualitas MV Agusta rakitan Indonesia, sama dengan yang dibawa langsung dari Italia.

 

"Kami sudah belajar langsung setiap tahap dan standar operasional dari prinsipal di Italia. Semua tahap dipelajari dengan serius, sampai kita nyatakan berani buka perakitan lokal di Indonesia," katanya.

 

Pabrik tersebut mampu memproduksi sekitar 40 sampai 50 unit per tahun. Pengerjaan satu unit sepeda motor maksimal dilakukan dalam dua hari. "Motor ini
kan
buatan tangan, pasokan dari Italia juga terbatas. Jadi memakan waktu cukup banyak, belum lagi kalau ada permintaan banyak dari konsumen," ujarnya.


MAI juga menjelaskan, dengan dirakit secara lokal harga varian-varian MV Agusta sendiri bisa bersaing dengan merek motor sport lainnya, seperti Ducati.


"Keuntungannya karena dirakit lokal, perbedaan harga salah satu model bisa turun sampai Rp100 juta," kata Yahya Adi Nugroho, Direktur MAI.


Di dunia, MV Agusta memang sudah punya nama besar. Dalam pameran motor terbesar di Eropa (IECMA), motor racikan MV Agusta dinobatkan sebagai motor paling cantik. Salah satunya adalah F3 675 dan Rivale 800.


Yang terbaru adalah Brutale 1090 RR meraih predikat Moto de Ouro 2013 (Golden Bike 2013), yaitu sebagai naked bike terbaik tahun 2013, dan Superbike F4 di posisi kedua untuk kategori sport oleh majalah Brasil Motorciclismo.


Meski begitu, MV Agusta tetap saja di Indonesia hitungannya masih pemain baru. Nama mereka masih asing jika dibandingkan merek Harley Davidson, Kawasaki, dan Ducati. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya