Mobil Diesel Makin Digandrungi, Apa Penyebabnya?

Isuzu Phanter
Sumber :
  • Isuzu

VIVAnews – Meski belum mampu menarik hati konsumen Indonesia, mesin diesel rupanya tengah menjadi incaran para produsen mobil global untuk meraup keuntungan ke depannya.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Diesel yang biasa digandrungi kendaraan besar dan komersil, seperti truk dan bus, kini mulai disematkan pada mobil penumpang. Bahkan, mobil-mobil kecil perkotaan (citycar) juga terus dikembangkan untuk ditanamkan mesin diesel.

Di India misalnya, di mana Honda dengan teknologi EarthDream pada mesin dieselnya, menyematkan pada Brio Amaze. Tidak mau kalah, Tata Motor, juga tengah mengembangkan mengembangkan mesin diesel terbaru untuk mobil murahnya, yaitu Tata Nano.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Menurut Service Manager Isuzu Astra Motor Indonesia, Rodko Purba, mesin diesel memiliki keunggulan dibanding mesin bensin. Selain irit dalam hal bahan bakar, tenaga yang dimilki juga lebih besar.

"Kalau diesel itu mengejar torsi, karena memang biasa mengangkut muatan, sedangkan untuk kecepatan nomor dua. Karena itu tujuan awal yang utama mesin diesel, cocok untuk kendaraan komersil niaga," kata Rodko, saat Workshop Teknologi Mesin Diesel di Trainning Center Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Keunggulan lainnya, yaitu mempunyai efisiensi panas lebih besar, sehingga berimbas pada efisiensi bahan bakar, lebih tahan lama serta tidak memerlukan electric igniter. Selain itu, mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas.

Trainning Center Head Isuzu Astra Motor Indonesia, Reiner Tandiyono, menambahkan adapun perbedaan mesin diesel dan bensin, yaitu pada siklus pembakaran diesel disebut sabathe sedangkan bensin otto, perbandingan kompresi diesel 16-23 : 1, sementara bensin 8-12 : 1.

Untuk bentuk ruang bakar diesel memang rumit, sedangkan bensin sederhana. Pada metode penyalaan, diesel terbakar sendiri, tapi bensin menggunakan percikan api pada busi.

"Yang sering dikenal dari mesin diesel yaitu getaran dan suara kasar serta besar. Adapun bensin sangat kecil," kata Reiner.

Untuk efisiensi panas diesel bisa mencapai 30-40 persen, sementara bensin 22-30 persen. Kemudian tekanan kompresi diesel bisa mencapai 30-45 kg/cm2, dan bensin 12 kg/cm2.

Putaran mesin maksimal diesel mencapai 5.000 rpm. Sedangkan 9.000 rpm pada pengontrolan output mesin diesel menggunakan banyak penginjeksian. Sementara bensin banyak campuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya