Mobil Murah Datsun Bidik Konsumen Berpenghasilan Rp5 Jutaan

Logo mobil murah Datsun
Sumber :
  • Zigwheels.com

VIVAnews – Nissan Motor Company akhirnya menghidupkan kembali merek mobil murah, Datsun. Perusahaan mobil yang sempat mati selama 32 tahun itu rencana pertengahan Juli 2013 akan resmi kembali di kancah dunia otomotif.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Adapun mobil pertama yang akan diluncurkan adalah hatchback lima pintu bermesin bensin 1.2 liter tiga silinder --sama dengan Nissan March. Model itu akan bertarung pada kelas A+/B segmen hatchback.

Mengenai harga, mobil murah Datsun yang rencananya hadir di beberapa negara berkembang seperti India, Rusia, Afrika Selatan, serta Indonesia, nantinya dijual sekitar Rp100 juta atau 400.000 rupee (Rp75 jutaan).

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Lantas siapa target konsumen yang diincar Datsun untuk membeli mobil murah tersebut?

Di India, calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil. Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasil sekitar 30.000 rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Nissan berharap merek Datsun dapat terjual 150.000 hingga 200.000 mobil setiap tahun di India. Dengan menggunakan bahan baku campuran lokal, mobil Datsun akan lebih terjangkau, dan dapat dibeli oleh kalangan menengah ke bawah.

Di Indonesia, mobil murah Datsun tentunya bakal bersaing dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang sebelumnya telah diperkenalkan September 2012. Sedangkan beberapa mobil murah lainnya diperkirakan akan hadir setelah presiden menandatangani regulasi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

Perusahaan yang juga berminat dengan mobil murah diantaranya Honda, Suzuki, serta Mitsubishi. Namun, ketiganya belum mau membuka selubung mobil murah sampai regulasi LCGC terbit. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya