Komparasi Calon Mobil Murah Honda dan Suzuki

Suzuki Alto 800
Sumber :
  • Motorbeam
VIVAnews
Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari
– Saat ini, penjualan mobil di Indonesia masih didominasi MPV (
Multi Purpose Vehicle
Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
), hatchback
Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK
, SUV ( Sport Utility Vehicle ), serta citycar .

Namun, beberapa waktu mendatang, dipastikan segmen baru, yakni mobil murah --dibanderol kurang dari Rp100 juta--, akan membeludak di pasar otomotif Tanah Air.


Setelah
VIVAnews
membahas komparasi mobil murah Datsun, Agya, dan Ayla, kini giliran calon mobil murah Honda dan Suzuki.


Kedua produsen ini memang masih pelit informasi terkait sosok mobil murah mereka, dengan alasan masih menunggu kejelasan terbitnya regulasi pemerintah soal mobil murah ramah lingkungan atau
Low Cost Green Car
(LCGC).


Meski begitu, keduanya mengaku sudah memiliki model yang akan dijadikan mobil murah. Apa saja?


Brio versi murah

Honda Prospect Motor (HPM) belum blak-blakan terkait model yang akan disodorkan. Namun, mereka menyatakan bakal menggunakan
platform
Brio dalam merancang mobil murah.


Tapi, produsen asal Jepang itu tidak akan menggunakan nama Brio sebagai merek produknya. Mereka bakal menggunakan nama lain yang memiliki unsur Indonesia.


"Bukan pakai nama Brio. Peraturan LCGC kan harus nama Indonesia. Jadi, harus pakai nama lain yang lebih nasionalis," kata Direktur
Marketing After Sales Service
Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

 

Ditengarai, mobil murah Honda bakal mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dan 1.200 cc, dengan konsumsi BBM 1:20 dan 1:21 sesuai regulasi. "Kami tunggu aturannya keluar. Setelah itu, baru bicara lebih banyak lagi," katanya.


Alto 800

Sama halnya dengan Honda, Suzuki juga memilih untuk tidak berkomentar banyak soal sosok mobil murahnya. Namun, ada beberapa kandidat yang dimiliki produsen berlambang S itu. Di India misalnya, ada beberapa model, di antaranya Alto 800, A Star, dan Wagon R.


Bahkan, belum lama, Maruti Suzuki di India meluncurkan versi terbaru dari Alto 800 yang dibanderol 260.512 rupee atau sekitar Rp47 juta (versi terendah), dan untuk model tertingginya 377.174 rupee (Rp68,4 juta).


Citycar
ini dibekali mesin bensin 796 cc, 3-silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm. Konsumsi bahan bakar pun lebih irit 15 persen dari model sebelumnya, yang mencapai 22,7 km/liter.


Sementara itu, untuk pasar Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah mengungkapkan, ada beberapa calon mobil murah yang akan diambil dari India. Tapi, mereka belum mau berbicara lebih detail. (art)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya