Alarm Pintar Anti Maling Bisa Dikendalikan Pakai Ponsel

Pemilik kendaraan bisa mengetahui kondisi mobil meski jaraknya jauh.

Senin, 13 Mei 2013, 15:53 Sandy Adam Mahaputra
Alarm No Doubt
Alarm No Doubt (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVAnews - Bertambahnya populasi mobil di Indonesia diikuti tingginya tingkat pencurian. Tren mobil yang dicuri pun mengalami kenaikan setiap tahunnya, dari 853 unit pada 2010 menjadi 1.440 unit pada tahun lalu.

Adapun mobil yang dicuri biasanya sudah menggunakan alarm konvensional atau belum sama sekali. Kondisi ini tentu makin membuat pemilik mobil harus lebih waspada.

Situasi ini membuat PT Rema Tip Top Indonesia menciptakan Smart Alarm System, yang diberi nama "No Doubt". Alarm pintar ini tidak hanya dikontrol melalui remote, tapi ponsel pemilik mobil.

General Manager Rema Tip Top Indonesia, Henson Burhan, mengatakan, "No Doubt" merupakan sistem 3-in-1 yakni alarm, GPS, dan Push Start Button.

Sementara itu, fitur yang dimiliki alarm GPS, anti-hijacking (anti pembajakan), SOS button, engine immobilizer, start/stop engine by remote control, dan handphone, automatic alarm, push start button (keyless), serta voice monitor.

"Dengan 'No Doubt' memungkinkan pemilik kendaraan mengetahui kondisi mobilnya, meski jaraknya jauh. Dia juga dapat menyalakan dan mematikan mesin mobil dari luar kota dan luar negeri sekalipun, hanya dengan memerintahkan sistem via handphone-nya," kata Henson di Jakarta, Senin 13 Mei 2013.

Tak cuma itu, alarm pintar ini juga bisa melacak keberadaan mobil berkat fitur GPS tracking dan mendengar percakapan para perampok yang berada di dalam mobil menggunakan fitur voice monitor.

"Saat mobil dirampas pemilik mobil tak perlu melawan perampok dan cemas. Serahkan saja mobilnya dan Anda bisa mematikan mesin mobil via handphone atau remote control," katanya sambil mempraktikan alarm tersebut.

Ada juga tombol SOS diciptakan untuk para pelanggan yang berada dalam keadaan darurat, seperti pembajakan atau perampokan dan membutuhkan pertolongan. Ketika tombol SOS ditekan, sistem akan mengirim pesan SOS dan lokasi mobil ke nomor HP utama dan cadangan.

"Semua bisa dikendalikan melalui HP GSM (mendukung GPRS). Kalau untuk HP CDMA belum bisa," kata dia.

Alarm ini nantinya akan membidik mobil-mobil yang belum menggunakan alarm atau masih menggunakan alarm konvensional, berkunci kontak, market leader, dan sering dicuri.

Dibanderol Murah

Untuk harganya, "No Doubt" dilepas Rp3,5 juta --termasuk pemasangan dan garansi 1 tahun. Adapun untuk harga promosi setelah peluncuran Rp3 juta. "Untuk garansi, semua komponen kami ganti baru, jadi tidak perlu khawatir. Tapi, selama ini belum ada yang mengeluh kalau mengalami kerusakan," ujar Henson.

Business Development Manager Rema Tip Top Indonesia, Eddy Suhaedi, menambahkan, mobil yang bisa menggunakan alarm ini di antaranya, Toyota Avanza, Innova, Rush, Yaris, Camry, Fortuner, Honda Civic, CR-V, Freed, dan Jazz.

Suzuki Baleno, Carry, Splash, Ertiga, APV, Nissan Livina, X-Trail, Evalia, Daihatsu Xenia, Terios, Luxio, Mitsubishi Kuda, Grandis, Pajero, dan Isuzu Panther.

Selain itu, terdapat Hyundai Avega, Grand Avega, Mazda2, Chevrolet Captiva, Ford Everest, Fiesta, Proton Exora, BMW Seri-5, dan KIA Picanto. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id