OTOMOTIF

Mobil Murah Kedua Datsun Sekelas Avanza-Xenia?

Mobil lima pintu itu bermesin bensin 1.2 liter tiga silinder.
Selasa, 14 Mei 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Logo mobil murah Datsun

VIVAnews - Nissan Motor Company baru akan membuka selubung mobil murah Datsun pada pertengahan Juli 2013. Meski masih irit informasi, mereka telah menyatakan jika model pertamanya adalah hatchback.

Mobil lima pintu itu bermesin bensin 1.2 liter tiga silinder, sama dengan Nissan March. Model itu akan bertarung pada kelas A+/B segmen hatchback.

Sejumlah spekulasi pun kembali bergulir perihal model kedua mereka. Banyak pihak menengarai jika model itu adalah tipe MPV (Multi Purpose Vehicle). 

Hal itu dikuatkan dengan pernyataan Corporate Vice President Nissan Motor Co, Vincent Cobee beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Indonesia. Dia menyebutkan ada tiga jenis mobil murah Datsun; hatchback, sedan, dan MPV (Multi Purpose Vehicle). Ketiganya, kata dia, paling dibutuhkan di pasar negara-negara berkembang yang pertumbuhan ekonominya terus meningkat. 

Diketahui, mobil MPV kapasitas tujuh penumpang mendominasi pasar mobil Indonesia alias paling banyak dibeli. Si kembar Avanza-Xenia hingga saat ini masih jadi pengusaha di segmen tersebut khususnya low MPV.

Melihat kondisi itu, maka tak tertutup kemungkinan mobil murah Datsun akan bermain di segmen MPV, lantaran jadi pundi-pundi keuntungan para produsen mobil di negera berkembang. 

Mengenai harga, mobil murah Datsun yang rencananya hadir di beberapa negara berkembang seperti India, Rusia, Afrika Selatan, serta Indonesia, nantinya dijual sekitar Rp100 juta atau 400.000 rupee (Rp75 jutaan).

Di India, calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil. Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasil sekitar 30.000 rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan.

Nissan berharap merek Datsun dapat terjual 150.000 hingga 200.000 mobil setiap tahun di India. Dengan menggunakan bahan baku campuran lokal, mobil Datsun akan lebih terjangkau, dan dapat dibeli oleh kalangan menengah ke bawah.

Di Indonesia, mobil murah Datsun tentunya bakal bersaing dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang sebelumnya telah diperkenalkan September 2012. 

Sedangkan beberapa mobil murah lainnya seperti Honda dan Suzuki diperkirakan akan hadir setelah presiden menandatangani regulasi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found