Di Indonesia Ferrari Sulit Kalahkan Kecepatan Avanza?

Toyota Avanza mendapatkan rekor MURI
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik
– Kehadiran mobil si kembar Avanza-Xenia menjadi fenomenal di pasar otomotif Tanah Air. Bahkan, sejak Avanza-Xenia diluncurkan pada 2004 hingga April 2013 lalu, penjualannya sudah tembus 1,5 juta unit.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Untuk Avanza sendiri dalam kurun tujuh tahun berturut-turut selalu menjadi mobil tujuh penumpang terlaris di Tanah Air dengan total penjualan 1,1 juta unit (April 2004-Maret 2013).
Sebagian Daerah Hapus Pajak Progresif dan Bea Balik Nama, Ini Daftarnya


Menanggapi tingginya permintaan mobil tersebut, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan, mengaku kalang kabut, meski kapasitas produksinya tiap tahun ditingkatkan, tapi tetap saja kurang memenuhi kebutuhan konsumen.


"Awal adanya Avanza untuk mendampingi Kijang dengan target diperkirakan dapat tembus 10 ribu, Kijang 5.000, Avanza 5.000. Tapi permintaannya malah jadi lebih tinggi Avanza," kata Johnny.


Kondisi ini, membuat dirinya pusing, karena meski setiap kapasitas produksi dinaikan penjualannya malah terus tinggi.


"Banyak yang bilang Avanza memang ga ada yang ngalahin, bahkan Ferrari sekalipun. Di jalan Ferrari sudah ngebut, tapi tetap saja Avanza selalu di depan. Yah karena yang pakai Avanza memang banyak," kelakar Johnny.


Saking tingginya permintaan mobil "sejuta umat" ini, Rabu kemarin, Avanza telah dinobatkan rekor MURI untuk penjualan tercepat dalam kurun sembilan tahun yang mencapai 1,1 juta unit, atau tepatnya mencapai 1.133.203 unit, baik di pasar Domestik (963.373 unit) dan mancanegara (169.830 unit).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya