Mobil Ini Ditantang Libas 6 Daerah Ekstrem

Test Drive All New Xenia Dual Airbag
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Setelah resmi meluncurkan varian Daihatsu Xenia dual airbag beberapa waktu lalu, kini Astra Daihatsu Motor (ADM) ingin membuktikan langsung ketangguhan "mobil sejuta umat" itu di daerah ekstrem enam kota besar Indonesia.

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

"Setidaknya ada 40 unit Xenia X-tra Aman X-tra Nyaman (tipe D, M, X, R M/T, R A/T) yang diturunkan pada ajang test drive serentak di enam kota besar," kata Amelia Tjandra, Marketing Director ADM, Sabtu 18 Mei 2012.

Keenam kota yang menjadi wilayah test drive Xenia tersebuat terdiri dari, Medan (Danau Toba), Lampung (Kalianda), Bandung (Ciwidey), Solo (Sarangan), Balikpapan (Samarinda), dan Makasar (Bulukumba).

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

VIVAnews mendapatkan kesempatan menguji Xenia dual airbag di Bandung (Ciwidey). Trek yang curah dan berliuk-liuk menjadi tantangan tersendiri mobil kembaran Avanza ini. Mulai dari kawah putih di Gunung Patuha, perkebunan teh rancabali sampai ke danau Situ Patengan.

Dengan penambahan noise vibration level dan silencer di beberapa titik, kabin pun menjadi lebih senyap dan kedap suara dari versi sebelumnya. Ketebalan jok pengemudi dan penumpang juga ditambah, sehingga posisi duduk semakin nyaman.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Beberapa tampilan eksterior dan interior diberi sentuhan baru, meninggalkan kesan mobil seadanya dan lawas. Pinggiran lis jendela diberi kelir krom, agar dapat terlihat mewah.

Sentuhan krom juga diberikan pada beberapa panel kabin. Mulai dari center cluster, AC slide register, M/T shift knob, power window, serta desain baru kemudi stir. Alhasil, mobil tujuh penumpang ini sedikit naik kelas.  

Penambahan dual airbag pada Xenia terletak pada kedua tempat duduk bagian depan yang dipadukan front row seatbelt with pretensionner & force limiter, driver seat bealt. Sehingga dapat meminimalisir cedera jika terjadi kecelakaan.

Head Domestic Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau, mengatakan berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Daihatsu, ternyata saat orang membeli mobil, faktor keamanan meningkat menjadi nomor tiga, di mana sebelumnya menjadi pilihan nomor lima.

"Jadi sejak tahun lalu kita melihat kecenderungan konsumen Indonesia membeli low MPV, nomor satu karena eksterior menarik kemudian irit bahan bakar, dan ketiga karena faktor keamanan," katanya.

Untuk nomor satu dan dua, Xenia sudah memilikinya. Sedangkan nomor tiga belum ada. Atas dasar itulah, Daihatsu memutuskan menambah fitur dual airbag.

Ditambah lagi banyaknya peristiwa kecelakaan lalulintas yang menjadi masukan Daihatsu. "Xenia lawas tidak akan lagi dijual, produksi sudah distop sejak Xenia dual airbag diluncurkan," katanya sambil menegaskan target penjualan Xenia bertambah dari 5.000 unit menjadi 7.000 unit.

Harga Xenia baru ini naik Rp2,5 juta, dari model terdahulunya. Dan kini dibanderol mulai Rp137-189 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya