Amunisi Baru Xenia untuk Tahan Laju Ertiga

Xenia juga dipoles untuk meninggalkan kesan tampil apa adanya.

Selasa, 21 Mei 2013, 12:30 Sandy Adam Mahaputra
Interior All New Xenia Dual Airbag
Interior All New Xenia Dual Airbag (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVAnews - Kehadiran Suzuki Ertiga menjadi ancaman serius bagi Daihatsu Xenia. Posisi "mobil sejuta umat" itu beberapa kali sempat tergusur Ertiga di penjualan mobil nasional.

Tak tinggal diam dan sadar pangsa pasar bakal termakan, mereka pun berbenah diri dengan melakukan penyempurnaan serta menambah fitur di Xenia.

Model baru Xenia X-Tra Aman dan X-Tra Nyaman dibekali perangkat keselamatan seperti dual airbag pada kedua tempat duduk bagian depan, pre-tensioner dan load limitter seatbelt, collapse brake pedal, serta knee pad.

Semua fitur itu dapat meminimalisasi cedera jika terjadi kecelakaan. Menurut Head Executive Research and Development Division Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo, satu fitur yang sudah jarang digunakan pada mobil modern, tetapi cukup fungsional saat tabrakan adalah knee pad.

Knee pad lebih dikenal dengan istilah knee bolster. Pada saat tumbukan, knee bolster yang merupakan bahan semacam bantalan, akan meredam benturan terhadap kaki pengemudi dan penumpang depan Xenia.

Kebanyakan kendaraan modern sebenarnya masih menggunakan ini. Namun, seringnya sudah memanfaatkan model airbag yang mengembang pada saat benturan, fitur itu mulai dihilangkan.

Tak cuma fitur keamanan, Xenia juga dipoles untuk meninggalkan kesan murah dan tampil apa adanya. Beberapa tampilan eksterior dan interior diberi sentuhan baru, pinggiran lis jendela diberi kelir krom, agar dapat terlihat mewah.

Sentuhan krom juga diberikan pada beberapa panel kabin. Mulai dari center cluster, AC slide register, M/T shift knob, power window, serta desain baru kemudi stir. Alhasil, mobil tujuh penumpang ini sedikit naik kelas. 

Banyak keluhan konsumen soal kabin Xenia bising rupanya jadi perhatian serius bagi Daihatsu. Mereka pun menambahkan noise vibration level dan silencer di beberapa titik. Hasilnya, kabin menjadi lebih senyap dan kedap suara dari versi sebelumnya.

Untuk bisa memberikan kenyamanan lebih, ketebalan jok pengemudi dan penumpang juga ikut ditambah. Keluhan lain konsumen perihal jok baris ketiga yang sempit dijawab lagi oleh Daihatsu. Kini, bangku baris kedua bisa digeser ke depan dan belakang, sehingga bisa memberikan efek lebih lapang di baris ketiga sesuai postur badan penumpang.

Head Domestic Marketing ADM, Rio Sanggau, mengatakan, berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Daihatsu, ternyata saat orang membeli mobil, faktor keamanan meningkat menjadi nomor tiga, di mana sebelumnya menjadi pilihan nomor lima.

"Jadi, sejak tahun lalu, kami melihat kecenderungan konsumen Indonesia membeli low MPV, nomor satu karena eksterior menarik, kemudian irit bahan bakar, dan ketiga karena faktor keamanan," katanya.

Untuk nomor satu dan dua, Xenia sudah memilikinya. Sedangkan nomor tiga belum ada. Atas dasar itu lah, Daihatsu memutuskan menambah fitur dual airbag. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru