OTOMOTIF

Konsumsi BBM Grand Livina Baru Tembus 25,6 Km/Liter

Mobil MPV ini dibekali mesin baru.
Selasa, 21 Mei 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
All New Nissan Grand Livina
VIVAnews - Meski belum secara resmi diluncurkan, Nissan Indonesia telah lebih dulu memperkenalkan All New Nissan Grand Livina kepada media, Selasa 21 April 2013. Mobil tujuh penumpang itu hadir dengan tampilan serta mesin baru.

Nissan mengajak para jurnalis merasakan keiritan Grand Livina di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Vice President National Sales & Marketing NMI Yoshiya Horigome, mengatakan tes drive ini untuk merasakan Grand Livinaterbaru mulai dari interior, eksterior, mesin serta transmisi CVT.

"Dengan test drive ini kami berharap para wartawan lebih mengetahui performa All New Grand Livina," ucap Horigome.

Ada beberapa pengujian yang dilakukan, mulai dari Static Display Area, Comfort Test Area, Economical Test Area, dan Performance Test Area.

Namun yang paling menarik perhatian adalah Economical Test Area, karena para jurnalis ditantang untuk menjajal seberapa irit konsumsi bahan bakar Grand Livina yang didukung mesin anyar HR15DE, teknologi dual injection dengan twin VTC dan Xtronic CVT (Continous Variable Transmission).

Paduan mesin dan aplikasi transmisi CVT itu diklaim Nissan lebih irit 13 persen dibandingkan model transmisi konvensional.

Saat menjajal All New Grand Livina, teknologi dual-injection dengan twin VTC (untuk saluran intake dan exhaust), ternyata dapat menghasilkan torsi yang lebih baik, terutama pada kecepatan rendah hingga menengah. Perpindahan gigi juga terasa sangat halus.

Masing-masing jurnalis termasuk diberikan kesempatan dua putaran di sirkuit Sentul. Beberapa kelokan dan tikungan tajam mampu dilahap tanpa kesulitan sedikit pun. Ada juga trek khusus yang diisi cone, untuk melatih ketepatan dan keahlian pengemudi.

Hasilnya, All New Nissan Grand Livina yang sebelumnya disebut mampu mengkonsumsi bahan bakar 1 liter bensin untuk 15-16 km, pada pengujian itu bisa tembus 25 km/liter tipe manual, dan 25,6 km/liter tipe otomatis. (umi)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found