Perkawinan Toyota-BMW Lahirkan Mobil Sport

Mobil sport BMW-Toyota
Sumber :
  • Motortrend.com
VIVAnews
CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi
- Hubungan dua produsen asal Jepang (Toyota) dan Jerman (BMW) makin mesra. Kali ini keduanya siap melahirkan mobil sport berukuran sedang.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Ini merupakan bagian dari kesepakatan kemitraan yang digagas oleh kedua perusahaan pada akhir 2011 lalu, mencakup pengembangan diesel,
Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut
fuel cell dan teknologi baterai lithium dan hybrid terkini.


Dari sekian proyek kerja sama di atas, tentu saja para penggemar mobil lebih tertarik pada proyek mobil sport yang mana akan mengisi kekosongan ruang pada jajaran model kendaraan BMW dan Toyota.


"Ketika BMW mengumumkam akan memasok mesin diesel ke Toyota di Desember 2011, pengembangan bersama proyek mobil sport sudah dimulai," ujar sumber yang tidak disebutkan namanya kepada
Motor Trend
, Jumat 24 Mei 2013.


Pimpinan Toyota Akio Toyoda disebutkan telah memberikan lampu hijau dari proyek tersebut, yang akan dipimpin oleh Tetsuya Tada--direktur tehnik mobil sport GT86/FR-S. Tetsuya dikabarkan telah beberapa kali bertandang ke BMW dalam beberapa tahun belakangan ini.


Mobil sport BMW-Toyota akan dijalankan oleh mesin empat silinder segaris dari BMW dan akan dibangun di atas platform GT-86/FR-S/BRZ yang mengalami pemanjangan ukuran hasil dari modifikasi yang dilakukan oleh BMW.


Kemungkinan mesin itu akan bersanding dengan motor listrik. Sumber itu juga mengatakan Toyota tengah menggarap GT86
all-wheel-drive
menggunakan penggerak motor listrik
in-wheel
di roda depan, yang bakal diterapkan pada mobil sport baru BMW-Toyota.


Tidak seperti proyek kerjasama Toyota GT86 dan Subaru BRZ serta Scion FR-S, produk-produk BMW dan Toyota akan menggunakan desain bodi yang berbeda sama sekali.


Sebuah kendaraan konsep yang akan menjadi gambaran proyek mobil sport tersebut diperkirakan akan dipamerkan di Tokyo Motor Show, akhir tahun ini. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya