Metamorfosa Matik Mio di Mata Anak Muda

Mio Goes to School
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Yamaha Indonesia tengah berupaya mengembalikan kejayaan Mio sebagai legenda motor matik Tanah Air. Pertama kali diluncurkan 10 tahun lalu, Mio memang "meledak" di pasaran.

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

Tapi, beberapa tahun terakhir penjualannya meredup karena digempur kompetitor.

Tak mau pasrah dan berdiam diri. Yamaha mulai berbenah di tengah ketatnya persaingan. Produsen berlambang garpu tala itu melakukan perubahan di Mio, mulai dari model, varian baru, hingga menggunakan sistem injeksi.

Embrio Mio kemudian dikembangkan untuk menjadi beberapa varian baru. Puncak pembaharuan Mio terjadi saat lahirnya keluarga baru yaitu, Mio Fino, Mio J, dan Soul GT pada tahun lalu, serta menyusul Mio GT.

Mio generasi baru juga telah disempurnakan dengan teknologi balap Forged Piston, DiAsil Cylinder serta injeksi YMJet-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection), diklaim perusahaan irit bahan bakar hingga 30 persen. Untuk keluarga Mio, hanya Fino yang belum mengadopsi sistem injeksi.

Puncaknya pada perayaan 10 tahun Mio, mereka gencar "blusukan" ke sekolah-sekolah, melalui acara "Mio Goes to School" yang dikemas dalam format "Mio Got Talent School".

Yamaha Indonesia sadar, target mereka mengembalikan kejayaan Mio adalah anak muda, yang merupakan konsumen terbesar sepeda motor matik.

Berbagai komentar beragam diutarakan oleh para anak muda soal metamorfosa Mio. Banyak dari mereka menyukai model baru yang disuguhkan, tapi tak jarang juga yang buta soal sistem injeksi.

"Modelnya serta desainnya sekarang lebih bagus, dan varian Mio jadi lebih banyak, terus irit BBM," komentar siswi Muhammadyah 5, Friska Angelya di acara Mio Goes to School.

Menurut Friska, yang juga menjabat sebagai ketua OSIS, siswa dan siswi juga diberikan pengenalan mengenai perbedaan karburator dan teknologi injeksi di motor Yamaha.

"Awalnya kami nggak tahu, lihat modelnya keren pasti langsung senang buat dipakai jalan. Tapi, sekarang jadi tahu, dengan teknologi itu, motor lebih mudah dirawat dan irit BBM," katanya yang juga pengguna matik Mio. 

Mio terus menjadi motor terlaris Yamaha, dari dulu hingga sekarang. Terakhir, pada 2012, Mio J series motor Yamaha paling banyak terjual, yakni 605.833 unit. Pada Januari hingga April 2013, Mio J series masih terlaris terjual, yang mencapai 161.866 unit. (art)

Park Sung Hoon di drama Queen of Tears

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Park Sung Hoon, aktor yang memerankan karakter Yoon Eun Sung dengan peran antagonis dalam drama Queen of Tears baru-baru ini membuat kejutan meminta maaf ke penonton.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024