Kasta Termewah Sportage Blusukan dari Kota hingga Gunung

Tampak depan All New Sportage
Sumber :

VIVAnews - All New Sportage merupakan salah satu senjata KIA Motor untuk melakukan penetrasi di pasar Sport Utility Vehicle (SUV) dengan kapasitas lima penumpang.

Dibanderol lebih murah dibanding pesaingnya, Honda CR-V dan Nissan X-Trail, All New Sportage dapat menjadi ancaman serius.

VIVAnews berkesempatan untuk menjajal langsung keandalan KIA Sportage generasi ketiga tipe EX (tertinggi). Deretan lampu LED yang memikat di bagian lampu depan memberikan kesan mewah bergaya Eropa dari mobil yang diimpor langsung dari negeri gingseng tersebut.

Tak sabar, VIVAnews langsung memacu All New Sportage menghadapi kemacetan kota Jakarta yang terkenal ganas. Begitu mesin Theta II 2.000 cc dinyalakan, raungan halus terdengar.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Saat pintu ditutup, suara mesin nyaris tidak terdengar di dalam yang menandakan peredam kabin berfungsi cukup baik.

Menghadapi lalu lintas Jakarta di jam sibuk bukan masalah bagi Sportage. Transmisi Triptonic 6-percepatan secara halus pindah saat jarum takometer menyentuh di kisaran 3.000 rpm.

Lingkar kemudi All New Sportage

All New Sportage kami ajak keliling kota, dari Sunter mobil diarahkan ke arah Cawang dan menuju Tangerang membelah kemacetan. Dengan menggunakan bahan bakar jenis Pertamax, konsumsi BBM Sportage cukup mengagumkan untuk kelas SUV, sebesar 9,6 kilometer per liter.

Menjelang malam, VIVAnews memacu mengarahkan Sportage naik jalan tol arah Bandung. Saat jalanan kosong, kami mencoba akselerasi mobil. Begitu pedal gas diinjak, raungan mesin menjadi garang saat jarum RPM menyentuh 4.500.

tampilan dashboard All New KIA Sportage

Mobil dengan mudahnya menembus angka 100 km/jam, bahkan saat uji coba jarum speedometer sempat menembus angka 160 km/jam. Berbagai tanjakan di jalan tol Cipularang dengan mudahnya ditaklukkan oleh Sportage, walaupun mobil ini memiliki penggerak roda depan.

Diajak ngebut di jalanan luar kota membuat konsumsi BBM Sportage semakin irit. Konsumsi BBM melonjak menjadi 11,6 km per liter berkat penerapan teknologi katup variabel ganda atau Dual CVVT (Continuously Variable Valve Timing).

Keluar pintu tol Kopo, VIVAnews mengarahkan Sportage menuju Ciwidey. Bertemu jalanan yang rusak, supensi Mc Pherson Type Coil Spring and Gas Shock Absorber (depan) dan Multi Link Gas Shock Absorber (belakang) bekerja dengan baik, namun sedikit keras tipikal mobil SUV.

Jalanan yang rusak tidak mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang, karena medium SUV KIA ini menawarkan kelapangan bergaya modern. Mulai dari jok, dasbor, dan bagasi.

Tak ketinggalan, jok pengemudi dilengkapi sistem pengaturan elektrik, dan kemudi yang dapat diatur ketinggiannya hingga mampu menghasilkan posisi mengemudi ideal.

Visibilitas yang didapat dari tempat pengemudi terlihat dengan baik. Kabin Sportage juga memberikan fasilitas kenyamanan cukup lengkap. Di konsol tengah tersedia dua lubang besar untuk meletakkan minuman botol.

Begitu pula bagian tengah jok belakang yang dapat dialihfungsikan menjadi sandaran tangan sekaligus tempat meletakkan minuman. Kapasitas bagasinya terbilang memadai. Sebab jok tengah dapat dilipat untuk memperbesar ruang barang seandainya dibutuhkan.

Dari segi keselamatan, mobil ini dilengkapi dual airbags untuk penumpang depan dan pengemudi, serta safety headrest yang bertugas melindungi kepala bagian belakang. Sementara itu, sistem keamanan aktif dipersenjatai rem dengan ABS yang sudah menjadi standar.

Sistem audio Sportage telah dilengkapi oleh koneksi aux-in, USB, dan iPod ready semakin memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Bahkan, bagi pengguna iPod/iPhone dimanjakan dengan adanya kabel connector di dasbor mobil, sehingga memudahkan untuk memasang lagu favorit sambil mengisi ulang daya baterai.

Tampak samping All New Sportage

Satu keunggulan lainnya adalah selain adanya fitur penyejuk udara (air conditioner/AC), Sportage juga dilengkapi oleh fitur penghangat. Fitur ini berguna saat VIVAnews menikmati dinginnya pagi hari di Ciwidey. Suhu udara yang dingin berhasil dihangatkan oleh sistem penghangat mobil.

Menjelang siang, double sunroof di Sportage kami manfaatkan agar udara segar pegunungan Ciwidey dapat masuk ke dalam kabin. Dengan segudang keunggulan itu, Anda bisa menebus New Sportage EX seharga Rp321 juta (OTR Jakarta).

Desain yang menawan, fitur mewah, dan harga terjangkau menjadi modal kuat KIA New Sportage untuk menggusur sekaligus menjadi predator mobil SUV buatan Jepang, Honda CR-V dan Nissan X-Trail. (art)

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon
Sheila on 7

Catat! Ini Daftar Lengkap Harga Tiket Konser Sheila On 7 ‘Tunggu Aku Di’ 5 Kota

Nantinya konser Sheila on 7 ini tidak cuma memberi kebahagiaan pada para penggemar, namun juga bertujuan membahagiakan sektor perekonomian di setiap kota yang dikunjungi.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024