Mercy Pasarkan Bus Mewah Baru di Indonesia

Bus premium itu memiliki desain berbasis monocoque.

Senin, 3 Juni 2013, 11:46 Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Sprinter minibus dan bus O 500 R 1836
Sprinter minibus dan bus O 500 R 1836 (VIVAnews/Herdi Muhardi)
VIVAnews - Tak hanya menyodorkan mobil penumpang premium, Mercedes-Benz Indonesia juga kembali menghadirkan kendaraan komersil mewah, yaitu Sprinter minibus dan bus O 500 R 1836.

Kehadiran kedua armada ini untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat pada bus mewah dengan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang baik.

"Saat ini pasar berkembang pesat dan semakin kompetitif. Operator bus dituntut bisa menawarkan penumpang sebuah kendaraan yang tidak hanya mewah dan nyaman, namun juga aman," kata Claus Weidner, Presiden & CEO Mercedes-Benz Indonesia, di Wanaherang, Bogor, Senin 3 Juni 2013.

Direktur Penjualan Kendaraan Komersial Olaf Petersen, menambahkan, Sprinter minibus yang memiliki desain berbasis monocoque, diklaim sangat berbeda dari standar minibus lain di Indonesia, yang biasanya dibangun dari chassis berbasis truk.

"Desain itu membuat Sprinter jadi lebih ringan dan irit bahan bahan bakar. Lebih stabil serta memiliki perlindungan anti-karat yang lebih baik karena menggunakan cat dengan sistem celup (KTL)," klaim Petersen.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan, Sprinter juga memiliki torsi tinggi. Sehingga ideal untuk kondisi jalan raya maupun jalan bebas hambatan di Indonesia yang terkadang menantang. "Seperti pada saat tanjakan terjal dan tikungan tajam," katanya.

Minibus Sprinter memiliki pijakan pintu masuk yang rendah, pintu geser otomatis, tinggi interior 1,9 m, kursi nyaman dan sound system. Untuk dapur pacu, didukung mesin diesel 2.143cc turbocharged dan intercooled yang menghasilkan tenaga 150 Hp dan torsi puncak 330 Nm.

Mesin itu dikawinkan enam percepatan ECO gear 360, dan telah berstrandar emisi euro tiga. Sprinter hadir dalam tiga versi; A2 (14 kursi), A3 (20 kursi) dan A4 (22 kursi).

Adapun Bus O 500 R 1836, Mercedes-Benz mengklaim sanggup mendaki bukit tanpa mengurangi perpindahan percepatan (gigi) secara signifikan.

Bus ini juga telah dilengkapi teknologi voith retarder, yang berguna mengurangi pengoperasian services brake hingga 85 persen.

Bus O 500 R 1836 memiliki panjang 12,8 m, sehingga bisa menambah satu baris kursi ekstra dibandingkan dengan standar bis 12 m. Bus itu mengusung mesin in-line 6 cylinder diesel 11.967cc, yang sanggup menghasilkan tenaga 354 hp dan torsi 1.750 Nm.

Keduanya dilengkapi sistem keamanan terpadu, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Acceleration Skid Control (ASR), Electronic Brake System (EBS), Brake Assist (BAS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Electronic Stability Program (ADAPTIVE ESP®).

Sedangkan bus O 500 R 1836 dipersenjati fitur Electronic Brake System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS), dan Acceleration Skid Control (ASR).

Kedua kendaraan ini didukung oleh jaringan dealer bus Mercedes-Benz, meliputi pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id