Lawan Kompetitor, Carens Baru Bakal Ada Versi Diesel

All New Carens
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - KIA Motor Indonesia (KMI) akhirnya resmi meluncurkan All New Carens di Indonesia dengan dua varian, yakni transmisi manual Rp249,5 juta dan transmisi otomatis Rp262,5 juta.

Meski begitu, KMI ternyata belum sepenuhnya menyajikan pilihan maksimal bagi konsumen, seperti penambahan pengereman ABS (Anti Lock Braking System), double airbag (pada bagian penumpang depan), dan mesin diesel.

"Ada spesifikasi rendah dan tinggi, ini strategi kami, tunggu saja. Nanti ada beberapa kali lagi akan kami hadirkan," kata Direktur Pemasaran KIA Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, usai peluncuran All New Carens, kemarin malam.

Untuk mesin diesel, KMI memang berniat untuk menghadirkannya. Hanya saja, saat ini mereka masih mempertimbangkan kualitas BBM solar subsidi yang tidak bagus.

"KIA punya mesin diesel yang bagus, karena itu harus ditunjang dengan solar berkualitas baik. Memang di sini ada solar bagus (Pertamina Dex), tapi yang jadi masalah, masih sulit didapatkan konsumen karena terbatas," kata dia.

Untuk penjualan All New Carens, KMI tidak muluk-muluk, karena hanya menargetkan 1.000 unit hingga akhir tahun ini. "Konsumen yang pesan saat ini akan mendapatkannya Juli mendatang," imbuhnya.

Untuk memberikan persaingan di kancah otomotif nasional, khususnya mobil keluarga, KMI mengklaim All New Carens memiliki lima kelebihan. Apa saja?

1. Desain

All New Carens merupakan hasil karya Chief Design Officer KIA, Peter Schreyer, yang telah berhasil memperoleh penghargaan desain untuk beberapa produk KIA; Picanto, Sportage, Rio, Optima, Cee'd, dan Pro-Cee'd.

Begitu juga dengan All New Carens, yang telah menyabet penghargaan Red Dot Design.

2. Teknologi

All New Carens mengusung mesin bensin terbaru, yaitu mesin NU 2.0 liter DOHC Dual CVVT, sehingga memberikan performa mesin yang maksimal.

Dengan mesin itu, mobil ini mampu menghasilkan daya 152 Ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 19,8 kg, yang dikawinkan dengan transmisi enam percepatan, baik tipe manual maupun otomatis.

"Selain teknologi mesin, sistem kemudi telah menggunakan MDPS (Motor Driven Power Steering), tilt steering, telescopic steering. Belum lagi fasilitas Flex Steer yang memberikan pilihan kepada pengemudi untuk sensasi berkendara yaitu comfort, normal, dan sporty," ucap Hartanto.

3. Kenyamanan

Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini memiliki dimensi panjang 4.525 mm, tinggi 1.610 mm, dan lebar 1.805 mm.

"Kami pakai body monoque, membuat mobil ini senyaman sedan, jauh lebih nyaman dibandingkan dengan mobil keluarga lainnya," klaim Hartanto.

Selain itu, pada bagian desain kursi dapat diatur dengan fleksibel. Di mana kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat rata. Penggunaan organ type acceleration pedal membuat kaki pengemudi tetap nyaman berkendara, walau di tengah kemacetan atau jarak jauh.

4. Keamanan

All New Carens telah dilengkapi disc brake di keempat roda, sehingga memaksimalkan daya pengereman, ditambah lagi dengan airbag serta back sensor.

Ada juga opposing-type wiper system, yang mampu membersihkan bidang kaca depan dengan jangkauan lebih luas.

Fitur lainnya adalah Static Bending Light, pencahayaan berupa cornering lamp yang terletak pada headlamp. Berfungsi saat lampu dinyalakan dan berbelok, sehingga mengurangi blind spot.

5. Garansi 5 tahun

Mobil dengan kualitas berstandar global ini juga memiliki garansi yang panjang, yakni 5 tahun atau 150.000 km.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Baca juga: (art)

Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024