Hingga Tahun Depan Belum Ada Etios Matik

Perakitan mobil Toyota Etios di Karawang
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Belum dilengkapi pilihan transmisi otomatis (matik) menjadi salah satu kelemahan Etios Valco dibanding kompetitor. Meski begitu, Toyota Astra Motor (TAM) tak ambil pusing dan tetap "kekeh" untuk tidak menghadirkan versi matik dalam waktu dekat.

"Etios matik masih jauh, yang pasti belum ada rencana tahun ini. Dan belum tentu juga tahun depan ada," kata Corporate Planning and Public Relation Division Head Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo, kepada VIVAnews, Rabu 5 Juni 2013.

Menurut Widya, lambatnya pengembangan Etios matik tak lepas dari lokasi pengembangannya di India. "Kami mengikuti pasar di sana. Pasar matik di India itu cuma lima persen, sehingga pengembangannya agak lama," ujarnya.

Dia menjelaskan, pasar nasional matik city car dan hatchback hanya 30 persen, sedangkan sisanya 70 persen manual. Lebih lanjut, dia menjelaskan, varian matik hanya laku di beberapa kota besar. Tapi di daerah, versi manual masih merajai.

Dengan kondisi seperti itu, Toyota Astra Motor menilai, tidak adanya pilihan transmisi matik bukanlah kelemahan Etios. Mereka justru optimistis dengan upaya Etios Valco dalam melakukan penetrasi ke pasar dengan hanya mengandalkan model manual.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

(art)

Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024