Tips Sederhana Menghemat BBM Kendaraan

Harga BBM non subsidi harganya masih cukup tinggi dan fluktuatif.

Senin, 10 Juni 2013, 00:03 Ririn Aprilia
Kaca Film V-Kool
Kaca Film V-Kool  
VIVAnews - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu dekat, membuat pemilik kendaraan berpikir agar dapat mengonsumsi BBM dengan hemat. Apalagi harga BBM non subsidi harganya masih cukup tinggi dan fluktuatif.

Ada beberapa kiat atau tips agar dapat mengonsumsi BBM dengan hemat. Selain hemat, juga dapat membantu mengurangi polusi udara. Diantaranya, saat mengendarai kendaraan, usahakan membatasi kecepatan kendaraan. Usahakan menjaga kecepatan kendaraan rata-rata 60 km/jam.

Memeriksa tekanan angin pada ban juga dapat membantu menghemat BBM. Jika tekanan angin pada ban kurang atau di bawah standar yang disarankan oleh pabrik, maka konsumsi BBM menjadi boros hingga 15 persen.

Cara lain untuk menghemat BBM adalah mengurangi beban mobil. Artinya, jangan membawa beban atau barang berlebihan. Bila terlalu banyak muatan, mobil akan berat dan kerja mesin menjadi lebih berat. Akibatnya konsumsi BBM juga menjadi lebih banyak.

Selain itu ada beberapa cara agar konsumsi BBM dapat hemat. Salah satu caranya adalah memasang kaca film. Dengan memasang kaca film dapat mengurangi penggunaan penyejuk udara atau AC untuk mendinginkan ruang kabin mobil.

Pemakaian kaca film V-KOOL akan menolak panas infra merah sinar matahari sebesar 98 persen. Sinar matahari tidak terlalu menyebabkan panas kabin kendaraan, sehingga saat menyalakan atau menghidupkan penyejuk udara, AC dapat dipasang pada tingkat minimum. Dampaknya, beban untuk menyalakan AC yang kecil itu akan meningkatkan efisiensi BBM mobil. Hasilnya, kaca film V-KOOL dapat menghemat sekitar tiga persen pengunaan BBM.

Melakukan efisiensi hingga tiga persen itu setara dengan mengurangi emisi gas CO2 sebanyak 132 kg/tahun. Kaca film V-KOOL juga menolak sinar ultra violet hingga 99 persen. Dengan demikian, interior kabin mobil akan terlindungi dari kerusakan, serta penumpang akan terhindar dari bahaya kanker kulit akibat paparan sinar ultra violet yang berlebih.

Beberapa tips di atas mungkin layak Anda coba sambil tentunya berusaha mencari bahan bakar alternatif, merencanakan setiap perjalanan Anda dengan mencari jalur alternatif atau mengurangi penggunaan kendaraan dan beralih ke moda transportasi yang ramah lingkungan. Selamat mencoba! (webtorial)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id