OTOMOTIF

Mobil Murah Datsun Rp75 Juta Lahir Bulan Depan

Datsun bakal masuk mobil murah ramah lingkungan.
Senin, 10 Juni 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Rendering mobil murah Datsun

VIVAnews - Nissan Motor Company akan membuka selubung mobil murah Datsun pada pertengahan bulan depan. Mereka telah menyatakan jika model pertamanya adalah hatchback (nama kode K2).

Menurut Indian Auto Blog, Nissan melakukan debut World Premier Datsun di India pada 15 Juli 2013. Peluncuran global merek Datsun bakal dipimpin langsung oleh Carlos Ghosn, CEO Renault-Nissan Alliance. Sementara itu, untuk debut komersialnya akan berlangsung tahun depan.

Model pertama Datsun akan mengusung bensin 1.2 liter tiga silinder, sama dengan Nissan March. Model itu akan bertarung pada kelas A+/B segmen hatchback.

Mengenai harga, mobil murah Datsun yang rencananya hadir di beberapa negara berkembang seperti India, Rusia, Afrika Selatan, serta Indonesia, nantinya dijual sekitar Rp75 juta atau 400.000 rupee..

Di India, calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil. Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasilan sekitar 30.000 rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan.

Nissan berharap merek Datsun dapat terjual 150.000 hingga 200.000 mobil setiap tahun di India. Dengan menggunakan bahan baku campuran lokal, mobil Datsun akan lebih terjangkau, dan dapat dibeli oleh kalangan menengah ke bawah.

Di negeri Hindustan, Datsun akan berhadapan dengan Chevrolet Beat, Hyundai Eon, dan Maruti Wagon-R.

Di Indonesia, Datsun bakal masuk dalam program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Mobil itu akan menjadi penantang serius si kembar Agya-Ayla. Nissan Motor Indonesia rencananya akan memperlihatkan Datsun pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2013.(art)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found