Picanto Morning, Calon Mobil Murah KIA di Indonesia

Mobil City Car di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh
- Lahirnya regulasi mobil murah ramah lingkungan atau
Low Cost Green Car
Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi
(LCGC) sepertinya bukan hanya milik produsen Jepang di Indonesia untuk mengeruk keuntungan.
Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Produsen asal negeri Ginseng, Korea Selatan, KIA, rupanya juga tak mau kalah dan siap meluncurkan model mobil murah.


Meski belum mengumumkan keinginannya ikut program mobil murah (LCGC). Namun, diam-diam KIA Mobil Indonesia (KMI) sudah mendaftarkan ke Kementerian Perindustrian, produknya Picanto-Morning 1.0L transmisi manual dan matik di Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) kendaraan Kemenperin.


City car
itu dimodali mesin 3 silinder 998cc yang mempunyai tenaga maksimum 68PS. Diketahui, KIA Picanto memang mempunyai dua pilihan tipe mesin, namun yang masuk ke pasar Tanah Air hanya Picanto bermesin 1.300cc.


Dengan didaftarkannya Picanto Morning 1.000cc, menjadi sinyal kuat KIA Mobil untuk bersaing dengan mobil murah Toyota, Daihatsu, Nissan, Honda, dan Suzuki.


Menanggapi hal itu, KIA Mobil Indonesia mengaku belum bisa berbicara lebih banyak dengan alasan belum tiba pada waktunya.


Direktur Pemasaran KMI, Hartanto Sukmono, mengatakan, diperlukan restu dari induknya di Korea Selatan untuk bisa terjun ke pasar mobil murah.


"Sampai sekarang, saya belum mendapatkan pernyataan tertulis dari prinsipal KIA di Korea. Mereka sendiri memang sudah tahu ada aturan LCGC dan mereka yang menentukan, kami tunggu saja," kata Hartanto.


Diketahui, dalam peraturan LCGC yang mendapatkan insentif pemerintah adalah mobil bermesin maksimal 1.200cc, dengan tingkat kandungan konten lokal 80 persen. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya