Kesalahan yang Harus Dihindari saat Membeli Mobil

Mobil City Car di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kebutuhan masyarakat terhadap mobil makin tinggi. Mobil dinilai menjadi sarana transportasi paling efisien untuk perjalanan jarak dekat dan jauh.

Namun membeli mobil tak sekadar hanya mengandalkan uang saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda benar-benar memboyong mobil ke garasi rumah.

Sedikitnya, ada empat kesalahan yang harus dihindari calon pembeli mobil, sebelum menyesal di kemudian hari.

Kesalahan pertama, tidak cukup riset. Biasanya calon konsumen hanya memperbandingkan tiga varian mobil sebelum membeli salah satunya. Padahal, model yang dikomparasi belum tentu mewakili kebutuhannya. Selain itu, banyak orang lupa mengecek fitur yang tersedia, karena sudah terpesona dengan satu atau dua model.

Kedua, tidak mau test drive. Padahal, itu sangat penting untuk mengetahui, apakah mobil itu cocok dengan kebutuhan. Pengujian juga mesti dilakukan untuk mengecek fitur yang tersedia, apakah berfungsi sesuai harapan atau hanya jadi pajangan.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Usahakan minta waktu lebih dari setengah jam untuk test drive. Dan bawa ke jalanan dengan kontur kurang baik, agar mengetahui kemampuan mobil itu.

Yang ketiga ini biasanya sering kali terjadi, yaitu terpengaruh tawaran cicilan. Jangan tergiur dengan tawaran itu, karena patokan cicilan murah bisa jadi "dimainkan" pemilik dealer.

Lebih baik lakukan survei harga On the Road (harga mobil plus pajak dan biaya dokumen), dan konsultasikan dengan bank pemberi cicilan. Patokan yang ditawarkan dealer biasanya melenceng dan lebih besar dibandingkan perhitungan bank.

Terakhir, membeli mobil sesuai kebutuhan. Jangan karena sebatas gaya tapi justru tidak maksimal ketika digunakan.

Hal terpenting, jangan lupakan kondisi lingkungan dan lalu lintas kota tempat Anda tinggal, apakah cocok dengan mobil yang dipilih. Selain itu, pilih mobil dengan biaya perawatan yang sesuai budget. Agar nantinya uang Anda tak terkuras banyak hanya untuk mengurus mobil. (umi)

Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024