Para "Musuh" Avanza-Xenia, Seberapa Laris di Pasar

Mobil Chevrolet Spin Mulai Diproduksi
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya
- Keberhasilan si kembar Avanza-Xenia di pasar mobil nasional banyak membuat para produsen lainnya merasa tertantang. Mereka pun ramai membuat model pesaing, untuk bisa menghentikan dominasi mobil kolaborasi Toyota-Daihatsu.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Dari semua mobil pesaing yang sudah dipasarkan, ada yang sukses membuat si kembar ketar-ketir. Tapi ada juga yang kurang banyak peminatnya.
Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini


Suzuki Ertiga menjadi salah satu model pesaing, yang dibisa dibilang memberi pelawanan cukup sengit. Meski penjualannya naik-turun, mobil berbasis
Swift
itu mampu menebar ancaman.


Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Ertiga sudah terserap pasar sebanyak 25.892 unit sepajang Januari-Mei 2013.


Penjualan tertinggi terjadi pada Februari (6.784 unit), sedangkan paling anjlok di Maret (3.702 unit). Adapun tipe terlaris; Ertiga GX 1.4 MT.


Penetrasi Ertiga sempat membuat Xenia terpukul. Beberapa kali, mereka tersalip Ertiga di klasemen penjualan mobil nasional. Meski begitu, Xenia masih tetap unggul dengan total penjualan sepanjang 2013, sebesar 31.352 unit.


Meski bisa memberikan ancaman bagi sang adik (Xenia), Ertiga belum bisa 'menyentuh' si kakak (Avanza). Mobil andalan Toyota itu, tetap kokoh dengan membukukan penjualan 85.395 unit dalam lima bulan di tahun ini.


Lawan lain yang sudah menunjukkan tren positif penjualan adalah Chevrolet Spin. Di awal peluncurannya, April lalu, Spin terlego 377 unit. Selang satu bulan berikutnya, jualan mobil yang dibuat di Pondok Ungu, Bekasi itu merangsek naik menjadi 767 unit.


Memang penjualannya masih jauh dibanding Ertiga, apalagi Avanza-Xenia. Namun, berkat Spin, Chevrolet masuk jajaran 10 besar penjualan mobil nasional bulan lalu. Mereka bertengger diperingkat kesembilan dengan torehan 1.129 unit--di atas Mazda.


Mobil lain kelihatanya masih harus berusaha adalah Nissan Evalia. Mobil bergaya Boxy (kotak) yang diluncurkan tahun lalu itu, sepanjang 2013 mampu mencetak jual tertinggi 717 pada Januari lalu. Kemudian sempat jeblok hanya bisa terjual 151 unit di bulan Mei.


Terakhir adalah kloningan Ertiga dari Mazda, VX-1. Mobil tujuh penumpang yang serupa dengan Ertiga--hanya beda
emblem
serta tambahan fitur interior, laku terjual 121 unit saat peluncuran perdananya bulan lalu.


Harga yang relatif lebih mahal dari Ertiga membuat konsumen berpikir dua kali membeli Mazda VX-1. Mereka justru memilih Ertiga, karena dari segi mesin dan fitur sama.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya