Pakai Mobil Ini Dijamin Tak Tekor Jika BBM Naik

Mobil irit BBM ciptaan mahasiswa Brigham Young University
Sumber :
  • Sltrib.com

VIVAnews - Beberapa mahasiswa dari Brigham Young University menciptakan sebuah mobil hemat bahan bakar. Saking iritnya, mobil itu hanya meminum 0,17 liter bensin untuk jarak 100 km.

Dilansir Worldcarfans, Rabu 19 Juni 2013, mobil itu merupakan karya tujuh mahasiswa dari jurusan tehnik Universitas Bringham Young. Dan berhasil menjadi mobil paling irit BBM di Amerika Utara.

Pada awalnya, mobil itu diciptakan untuk mengikuti kompetisi Supermileage SAE. Dalam kompetisi tersebut diharuskan sebuah mobil mengkonsumsi bahan bakar sehemat mungkin, dengan menempuh jarak dari Utah menuju Michigan, tempat kompetisi tersebut berlangsung.
 
Untuk membuat mobil itu makin irit, bobotnya sengaja dipangkas dari 44,9 kilogram menjadi 9,9 kilogram saja.
 
Untuk sektor dapur pacu, para mahasiswa itu menggunakan mesin pemotong rumput yang lebih efisien, dengan rasio kompresi tinggi. Mesin ini dipadukan dengan sistem bahan bakar injeksi dan kontrol elektronik.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Agar lebih kencang dipacu, desain mobil dibuat aerodinamis. Kecepatan maksimalnya mencapai 40,2 km/jam. Top speed memang bukan yang utama di mobil ini, si perancang lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Tujuh Tewas Akibat Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel, 2 Korban Masih Anak-anak

Toko frame di Mampang, Jakarta Selatan, ludes dilalap sijago merah, Kamis, 18 April 2024. Akibat peristiwa kebakaran tersebut, memakan korban tujuh orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024