BBM Naik, Harga Sepeda Motor Ikut Naik?

Antrian BBM di SPBU Menjelang Kenaikan Harga
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dari Rp4.500 per liter menjadi Rp6.500 per liter. Sementara itu, harga solar naik dari Rp4.500 per liter menjadi Rp5.500 per liter.

Lantas, apakah dengan naiknya harga BBM, juga akan berimbas pada kenaikan harga sepeda motor?

Menanggapi hal tersebut, salah satu produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha mengaku belum mempertimbangkan akan menaikkan harga sepeda motor.

"Belum tentu juga naik, kita masih pertimbangan. Terlalu dini jika kita sudah langsung ikut menaikan harga," kata Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community Development Yamaha Indonesia, Sabtu 22 Juni 2013.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Kenaikan mungkin akan terjadi jika bahan baku produksi untuk membuat motor naik. Maka menurut Eko, tidak dipungkiri Yamaha juga akan menaikkan harga. "Tapi misalkan bahan-bahan seperti baja atau yang lain naik kita bisa naikan juga," tambah Eko.

Apakah kenaikan itu juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan sepeda motor? Eko mengatakan hal itu belum tentu terjadi. Karena akan ada masa transisi, antara pengguna mobil dan motor.

Meski harga BBM naik, diprediksi pertumbuhan jumlah mobil maupun motor akan tetap sama. "Nantinya motor akan dipakai untuk sehari-hari. Sedangkan mobil untuk weekend, karena digunakan bersama keluarga," ucap Eko.

Kalau pun konsumen membeli motor, kemungkinan akan memilih motor injeksi. "Karena lebih irit BBM ketimbang karburator," jelasnya. (umi)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024