Melihat Sejarah Motor Terlaris Suzuki di Indonesia

Suzuki Satria FU150 SCD2
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini
- Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja melahirkan generasi terbaru Satria F150 kini. Bebek
underbone
Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama
yang menjadi motor terlaris Suzuki di Indonesia ini, mengalami perubahan ringan di sekujur tubuhnya.
Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10

Desain cover body motor berkapasitas 150cc kini lebih stylist dan lebih ramping. Satria F150 anyar mengalami perubahan yang mencolok terutama pada bagian desain headlamp yang lebih lancip, kecil hampir mirip seperti tipe yang terdahulu.


Selain itu, perubahan juga terjadi pada desain
cover bodi hyper underbone
yang lebih ramping, serta bagian belakang
double layer
juga lebih meruncing. Namun sayang, sistem pengabutan bahan bakarnya masih karburator, bukan injeksi.


Jika melihat ke belakang, nama Suzuki Satria sebenarnya sudah melegenda sejak pertama kali hadir pada 1997 lalu. Waktu itu, model pertamanya adalah Satria 120S dengan mesin 2 tak.


Pada awal kemunculannya, motor ini mendapatkan respon bagus di pasar. Memiliki akselerasi yang bagus sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai kecepatan tertentu, jadi nilai lebih Satria 120S dibanding kompetitor saat itu.


Selang satu tahun kemudian seiring dengan bertambahnya motor bebek sport, Suzuki melakukan peningkatan spek, dan lahirlah Satria 120R. Motor itu cukup menyita perhatian lantaran fitur unggulan, seperti; perseneling sport, kopling manual,
double disc
.


Pada 2004, Suzuki Indonesia mendatangkan Satria FU150 Hyper Underbone secara CBU dari Thailand dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia.


Hasilnya, motor ini langsung jadi jagoan untuk melawan kompetitor terberatnya, Honda dan Yamaha. Pada 2007 Satria FU150 dibuat CKD oleh Suzuki Indonesia dilengkapi dengan fitur electric starter.


Karena hadir kebijakan pemerintah yang mengharuskan motor memiliki mesin 4 tak, maka Suzuki menghadirkan Satria F150
Hyper Underbone
4 tak dengan spek DOHC engine, 6 speed dan double disc brake.


Sadar Satria jadi tulang punggung penjualan mereka di Tanah Air, pada 2008, tampilan Suzuki Satria F150 disegarkan dengan mengadopsi desain dari motor besar Suzuki GSX, serta penambahan
switch MODE indicator
melalui tombol SDMS di speedometer untuk pilihan berkendara secara
Eco
,
Normal
atau
Power
.


Terakhir atau generasi terbaru Satria F150 baru lahir lagi pekan lalu. Suzuki Indomobil Sales resmi meluncurkan Satria F150 dengan beberapa perubahan. Masalah harga, Suzuki Satria FU150SCD2, kini naik Rp220 ribu menjadi Rp19,095
On the Road
Jakarta.


Menurut Dept Head Marketing 2W PT SIS Yohan Yahya, bukan tanpa alasan Suzuki masih mengeluarkan motor dengan sistem kaburator, sebab permintaan Suzuzki F150 dengan pengapian karburator dinilai masih tinggi.


"Permintaannya masih tinggi sekali, tapi bukan berarti kita tidak akan menghadirkan yang injeksi. Untuk yang injeksi sedang kita kembangkan, tapi yang pasti tidak tahun ini," kata Yohan. (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya