OTOMOTIF

Mobil Murah Datsun Bisa "Bunuh" Nissan March

Segera diperkenalkan 15 Juli 2013.
Selasa, 9 Juli 2013
Oleh : Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Sketsa mobil murah Datsun
VIVAnews - Nissan Motor Company segera menghadirkan mobil murahnya melalui merek Datsun, yang akan diperkenalkan pertama kali di India, 15 Juli 2013.

Model pertama dari Datsun adalah hatchback yang diberinama kode K2. Mobil ini akan menggunakan platform yang sama dengan Nissan Micra atau di Indonesia disebut March.

Namun menjelang kelahiran Datsun, Nissan justru menghadirkan Micra (March) facelift di India, yang diberinama Nissan Micra Active.

Keputusan itu tentu jadi pertanyaan besar, lantaran posisi dan target pasar keduanya sama. Nissan March Active datang dengan empat varian, diberikan harga antara 350.000 - 471.000 rupee atau sekitar Rp57-77 juta. Sedangkan Target pasarnya adalah konsumen yang membeli mobil pertama.

Nissan juga mengadopsi target yang sama buat Datsun dengan perkiraan harga Rp49-75 juta. Tak cuma memiliki kesamaan bodi dan harga, mesin keduanya juga serupa.

Datsun K2 dan March Ative sama-sama mengusung mesin bensin berkapasitas 1.2 liter tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga 68 Ps. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Jika Datsun K2 sudah diluncurkan dan Nissan March Ative tetap dijual, tak tertutup kemungkinan praktik kanibal akan terjadi. Diperkirakan salah satu dari model tersebut akan menjadi korban.

TERKAIT
    Error

    An Error Was Encountered

    The configuration file ../../shared/config/ads/Array.php does not exist.